Minggu, 25 Oktober 20

Chatbot Resmi Pantau Covid-19 di Aplikasi WhatsApp

Chatbot Resmi Pantau Covid-19 di Aplikasi WhatsApp
* Chatbot pemerintah tentang Covid-19 dapat diakses masyarakat melalui smartphone di aplikasi WhatsApp. (Foto: Sutanto OMG)

Jakarta, Obsessionnews.com – Beberapa waktu lalu pemerintah meluncurkan Chatbot yang menyuguhkan informasi resmi mengenai perkembangan virus Corona (Covid-19) di Indonesia.

Chatbot pemerintah tentang Covid-19 tersebut dapat diakses masyarakat melalui smartphone di aplikasi WhatsApp Anda.

Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Ahmad M Ramli menuturkan, masyarakat dapat memanfaatkan adanya fasilitas yang diberikan pemerintah ini.

“Chatbot ini juga sebagai langkah melawan hoaks yang bisa meresahkan masyarakat,” ujarnya di Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Chatbot telah siap digunakan dan dapat diakses oleh masyarakat melalui https://wa.me/6281133399000. Selain melalui link tersebut, masyarakat pun dapat menyimpan nomor COVID-19.GO.ID, yakni +6281133399000.

Setelah menyimpan nomor di atas, Anda dapat mengetik ‘Halo’ atau ‘Selamat pagi’. Lalu akan mendapatkan balasan dari Pusat Informasi Covid-19 powered by Kemkominfo RI.

Apa saja sih yang ingin kamu ketahui mengenai Covid-19?

A. Kabar Covid-19 terkini di Indonesia
B. Sebenarnya apa sih Covid-19 itu?
C. Apa saja gejala Covid-19?
D. Bagaimana cara melindungi diri?
E. Bagaimana cara melindungi orang lain?
F. Masker perlu gak sih?
G. Rumah Sakit Rujukan Covid-19.

Selanjutnya, Anda dapat mengetik pilihan huruf dan kirim. Setelah itu, jawaban dari pertanyaan akan muncul setelahnya. Sebagai contoh, menu A nantinya akan menampilkan situasi terkini mengenai Covid-19 di Indonesia, seperti berapa orang yang telah mengikuti tes, jumlah kasus positif, jumlah kasus kematian, dan banyaknya kasus yang dinyatakan sembuh.

Sementara, untuk info peta sebaran COVID-19 bisa klik link berikut https://www.covid19.go.id/situasi-virus- corona/

Bila ada yang ingin Anda tanyakan, ketik MENU untuk kembali ke menu utama. Dan, jika mau mengakhiri pembicaraan ketik SELESAI. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.