Minggu, 3 Maret 24

Cerita Nusantara 2023, Dukung Keberlanjutan Ekosistem Wastra dan Kriya Indonesia

Cerita Nusantara 2023, Dukung Keberlanjutan Ekosistem Wastra dan Kriya Indonesia
* Acara “Cerita Nusantara” baru saja resmi dibuka pada Selasa (28/11/2023), berlokasi di Cendrawasih Hall, Jakarta Convention Center (JCC). (Foto: Arfi/Obsessionnews.com)

Obsessionnews.com – Sebuah kegiatan yang diinisiasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM), Dewan Kerajinan Nasional dan OASE Kabinet Indonesia Merdeka (KIM) bertajuk “Cerita Nusantara” baru saja resmi dibuka pada Selasa (28/11/2023), berlokasi di Cendrawasih Hall, Jakarta Convention Center (JCC). 

Acara dibuka oleh sambutan dari Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki yang pada kesempatan kali ini turut menjelaskan latar belakang di balik kegiatan Cerita Nusantara. Ia menyebut, jika sebenarnya acara ini merupakan perpaduan antara dua acara yang sebelumnya sempat digelar pada 2021 dan 2022, yaitu Cerita Wastra dan Cerita Kriya.

Sebagai judul kegiatan, penggunaan kata “Cerita” sendiri dipakai untuk menjelaskan bahwa di balik produk-produk wastra dan kriya Indonesia, selalu menyimpan banyak kisah yang umumnya berakar pada sejarah, budaya dan legenda di masa lalu.

Tema Cerita Nusantara kali ini yang diangkat bermakna mengungkap hakikat seni budaya Indonesia yang diharapkan dapat menggali kembali pesan-pesan sejarah, kebudayaan dan kejayaan masa lalu sebagai inspirasi untuk memantik semangat membangun masa depan bangsa yang gemilang,” kata Teten.

Lebih lanjut, sang menteri mengatakan sektor kriya dan wastra saat ini tengah menjadi salah satu sub sektor ekonomi kreatif yang memiliki potensi dan berpeluang untuk dikembangkan. 2021, total nilai ekspor dari produknya bahkan mencapai kisaran Rp23 triliun. 

Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa menjadi momentum untuk mendukung keberlanjutan pengembangan kewirausahaan di sektor wastra dan kriya, agar semakin mendunia.

Sementara itu, agenda kali ini dihadiri oleh para pelaku usaha yang telah terkurasi dan aggregator yang selama ini telah bekerja sama dengan para UMKM di sektor kriya dan wastra, dalam rangka membangun ekosistem bersama.

Para partisipan acara ini, di antaranya Inacraft, BRIlianpreneur, Alun Alun Indonesia, Sarinah, M-Bloc, IdeaFest, Kriyanusa, MUFFEST, JFW, PINTU Incubator, OOA, Wall of Fades, JSD, USS, JakartaXBeauty, Inacraft, IFFINA, Krealogi, Piazza Firenze by Poppy Dharsono, Karya Kreatif Indonesia, Jakcloth, Brightspot, hingga Gerakan Revolusi Lokal.

Terbuka untuk umum, agenda dalam kegiatan Cerita Nusantara, yaitu pameran, berupa showcasing, business matching, fashion show, demo karya/produk, dan talkshow interaktif. (Arfi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.