Sabtu, 21 Mei 22

Cek TBC, Ratusan Napi Wanita Jalani Tes

Cek TBC, Ratusan Napi Wanita Jalani Tes

Semarang, Obsessionnews – Ratusan narapidana wanita mengikuti skriining atau pemeriksaan penyakit Tubercolosis Bacillus (TBC) di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Bulu Kota Semarang, Senin (1/8/2016). Para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) ini dicek kesehatannya atas kemungkinan terjangkit kuman tersebut.

Pengecekan digelar bagi seluruh WBP, tak terkecuali seluruh pegawai Lapas. Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Endang Budiarti menjelaskan, pengecekan dilakukan karena saat ini kondisi Lapas sudah melebihi kapasitas yang ada.

“Kelebihan kapasitas bisa membuat persebaran kuman TBC semakin cepat,” kata dia kepada obsessionnews.com.

Saat ini, jumlah WBP di Lapas Bulu telah mencapai 433 orang. Jumlah tersebut melewati kemampuan tampung Lapas yang hanya 174 orang. Lapas Bulu ditunjuk sebagai Lapas kedua yang menjadi sasaran kerjasama Ditjen P2PL Kemenkes dengan Ditjen Pas Kemenkumham ini.

Selain itu, pengecekan juga sekaligus untuk menerapkan kebijakan nasional dengan Tes Cepat Molekuler (TCM) TB sebagai metode diagnosis secara bakteriologis. Pemeriksaan berlangsung selama lima hari, mulai 1 sampai 5 Agustus mendatang.

“Melalui skrining massal, identifikasi tertular penyakit TBC bisa lebih diantisipasi. Sebelumnya sudah pernah ada napi yang terkena TBC,” jelasnya.

Terlebih, beberapa waktu lalu Lapas Wanita Bulu mendapat limpahan napi asal Rutan Pondok Bambu Jakarta. Lebih lanjut, hasil tes akan diumumkan pada 7 Agustus mendatang. Ia berharap, seluruh WBP dan pegawai Lapas Bulu terbebas dari ancaman TBC. (ihy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.