Jumat, 17 September 21

Cek Harga Bahan Pokok, Wali Kota Semarang Lakukan Sidak

Semarang, Obsessionnews.com – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, terkejut dengan harga gula yang melebihi harga eceran tertinggi (HET) saat melakukan sidak ke Pasar Johar, Kota Semarang, Minggu (4/6/2017).

Dalam sidak yang dilakukannya bersama Staf Khusus Kementerian Perdagangan Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Peningkatan Sarana Perdagangan, Eva Yuliana, itu Hendi mengecek harga sejumlah bahan pokok yang dijual para pedagang.

Salah satu pedagang gula bernama Hera mengaku jika dirinya membeli gula kemasan merek ‘Gulaku’ dari distributor seharga Rp 14.271 per kilogram. Kemudian, dia jual ke pembeli di Pasar Johar itu seharga antara Rp 14.500 sampai Rp 15.000.

Mengetahui hal ini, Hendi lantas bertanya siapa distributor yang telah menjual gula tidak sesuai HET yang ditetapkan pemerintah.

“Distributornya siapa? Segera kami berikan teguran,” tegas Hendi seperti dilansir Merdeka.com.

Sementara itu, Eva Yuliana turut mengingatkan Hera untuk menjual gula sesuai dengan yang ditetapkan pemerintah.

“Ibu harusnya beli dari distributor paling mahal Rp 11.900. Nanti dijual kembali paling tinggi Rp 12.500,” tegur Eva.

Eva menjelaskan, pemerintah memasang HET bagi komoditas harga tertentu. Khusus untuk gula HET yang ditetapkan maksimal dijual Rp 12.500 per kilogramnya. Namun, ternyata di Pasar Johar ditemukan adanya gula yang dijual di atas HET. Untuk itu, pihaknya akan menegur distributor dan produsen Gulaku.

“Untuk pasar tradisional ini, Bulog sudah ditugaskan khusus mengisi barangnya ke pasar tradisonal dengan harga Rp 11.900 dan kemudian dijual dengan harga Rp 12.500. Kita lihat ini tadi ada gulaku dari distributor yang dijual dengan harga tinggi sehingga dijual dengan harga Rp 14.500 kita akan tegur distributornya dan kita akan tegur produsennya,” tandasnya.

Eva menambahkan, dirinya memastikan akan ada sanksi bagi produsen dan distributor Gulaku jika terbukti menjual harga di atas HET yang telah ditetapkan oleh pemerintah. (Fath)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.