Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

Cegah TPPO, Polri Tingkatkan Penjagaan di Wilayah Laut Indonesia

Cegah TPPO, Polri Tingkatkan Penjagaan di Wilayah Laut Indonesia

Jakarta, Obsessionnews.com – Bareskrim Mabes Polri menyatakan akan lebih meningkatkan penjagaan di sektor laut, khususnya menindak kapal-kapal penangkap ikan ilegal yang beroperasi di wilayah perairan Indonesia. Hal itu dilakukan untuk mencegah dan memberantas tindak pidana perdagangan orang (TPPO) atau Human Traffiking.

Kepala Bareskrim Polri Komjen Ari Dono Sukmanto mengatakan, untuk langkah awal akan melihat instrumen maupun undang-undang yang berlaku.

“Kemudian kita  menyelaraskan arah kebijakan negara dalam menjaga dan melindungi laut Indonesia,” ujar Ari di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (16/8/2016).

Menurut dia, dibutuhkan kerja sama antara stekholder dalam upaya pencegahan terjadinya perkara TPPO di lintas Negara. Yang jelas Polri harus bekerjasama dengan seluruh pihak baik secara komprehensif dan berkelanjutan.

Bahkan, kata dia, pelaku kejahatan lintas negara rata-rata berasal dari kelompok terorganisir yang memperkerjakan anak buah kapal (ABK) secara ilegal dari negara lain.

“Kebanyakan para pelaku TPPO memperlakukan korban secara tidak manusiawi, seperti menganiaya dan menyiksa,” kata Ari.

Dia menambahkan, kejahatan tersebut merupakan bentuk eksploitasi yang berkaitan dengan Hak Asasi Manusia (HAM) terhadap seseorang atau korban. Sehingga tidak sedikit kejahatan ini terjadi, karena bagi pelaku jelas keutungannya sangat menggiurkan.

Bukan itu saja, lanjut Ari, seringkali para korban diperlakukan layaknya komoditas komersial yang menguntungkan. “Kemudian dapat dengan mudahnya dieksploitasi. Tentu saja ini tidak bisa diterima oleh akal sehat manusia karena esensi HAM terlanggar,” pungkasnya. (Purnomo)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.