Sabtu, 23 Oktober 21

Cegah Kerugian Negara LPDB-KUMKM Gandeng Polda

Cegah Kerugian Negara LPDB-KUMKM Gandeng Polda
* Direktur Utama LPDB-KUMKM Braman Setyo.r

Mamuju, Obsessionnews.com – Lembaga Pengelola Dana Bergulir-KUMKM (LPDB) akan melakukan langkah besar untuk mencegah kasus fraud (kecurangan) dalam penyaluran dana bergulir yang merugikan negara.

“Kami berencana melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan kepolisian daerah di seluruh Indonesia,” tutur Direktur Utama LPDB-KUMKM Braman Setyo di sela-sela acara Sosialisasi Direktorat Pembiayaan Syariah LPDB-KUMKM, di Hotel D’Maleo, Mamuju, Sulawesi Barat, Selasa (24/10/2017).

Braman menjelaskan, MOU tersebut dilakukan karena pihaknya tidak bisa mengawasi secara langsung penyaluran dana bergulir di daerah-daerah.

“Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi mengatakan LPDB tidak diperkenankan membuka cabang di seluruh Indonesia sehingga untuk pembinaan kita libatkan teman-teman Dinas Koperasi di seluruh Indonesia. Nah, untuk melakukan monitoring dan evaluasi, melalui MOU tersebut kita akan mengajak aparat lenegak hukum seperti kepolisian,” ungkap Braman.

Sehingga, sambungnya, ketika nanti terjadi fraud secara dini bisa diantisipasi oleh kepolisian.

“Ini yang akan saya tegakkan dan realisasikan sehingga kami berharap tidak terjadi lagi peristiwa fraud masa lalu seperti salah satu koperasi, yakni di daerah Polewali Mandar, Sulawesi Barat mengalami kerugian negara sampai dengan 5 miliar,” tandas Braman.

Braman juga menggarisbawahi pihaknya harus hati-hati betul ketika koperasi maupun pelaku UKM mengajukan permohonan kepada LPDB.

“Nah saya kira ini menjadi solusi, saja juga akan meminta kepada kepolisian harus ada unsur pembinaan untuk selalu mengingatkan koperasi maupun pelaku UKM yang melakukan peminjaman,” tuturnya.

Braman mengatakan, langkah awal MOU tersebut adalah dengan Polda Sulbar.
“Materinya akan secepatnya kita kenalkan. Kalau ini menjadi pola yang baik akan kita realisasikan di Polda lainnya,” tegas Braman.

Polda Sulbar Brigjen Pol Baharuddin Djafar mengatakan dirinya menyambut baik MOU yang diakan dilakukan antara LPDB-KUMKM dengan Polda Sulbar untuk pengawasan dan penyaluran dana bergulir di Sulawesi Barat.

“Agar penyaluran dana sesuai prosedur untuk menghindari tindak pindana seperti korupsi dan penyaluran dana bergulir bisa terealisasi dengan baik. Dengan begitu bisa mendorong perekonomian Indonesia khususnya di Sulawesi Barat,” pungkasnya. (Gia)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.