Minggu, 24 Oktober 21

Cegah ISIS, Polda Perketat Pintu Masuk Sumbar

Cegah ISIS, Polda Perketat Pintu Masuk Sumbar
* Kapolda Sumbar Sumbar Brigjen Pol Bambang Sri Herwanto

Padang, Obsessionnews – Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar) memperketat pengawasan di seluruh pintu masuk ke wilayah Sumbar, pasca diamankan salah seorang terduga menganut paham Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) atau Negara Islam Irak dan Suriah, AP alias M, asal Bukittinggi, Sumbar, bersama empat temannya oleh Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Mabes Polri di kawasan Petukangan Selatan, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumbar Brigadir Jenderal (Brigjen) Pol Bambang Sri Herwanto mengatakan, pengamanan di perbatasan seperti Riau, Jambi, Bengkulu dan Sumatera Utara (Sumut) dengan berpatroli dan razia rutin. Selain wilayah perbatasan, kerja sama dengan pihak kantor Imigrasi, kantor Bea Cukai dan Angkasa Pura juga akan ditingkatkan, untuk mencegah masuknya ISIS ke Sumbar.

“Kita akan memantau terus perkembangannya setiap hari, termasuk kemungkinan keterlibatan orang lain,” kata Bambang kepada wartawan usai peresmian kapal Badan SAR Nasional (Basarnas) Padang di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Bungus, Padang, Selasa (24/3).

Bambang juga menegaskan, akan membentuk tim khusus untuk menyelidiki apakah yang AP terlibat dengan ISIS. Tim juga akan menyelidiki pihak keluarga dan rekannya yang lain.

Sabtu (21/3) Densus 88 Antiteror Mabes Polri mengamankan lima terduga anggota ISIS saat penggeledahan di sebuah rumah di Jalan Perdana, Petukangan Selatan, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Kelima terduga MF, AP, EK atau J, AM, dan F. Satu orang di antaranya berinisial AP diketahui pernah tinggal di Bukittinggi di Kelurahan Bukit Apit Puhun, Kecamatan Guguak Parmang, Bukittinggi. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.