Kamis, 9 Februari 23

Cegah Hama Wereng, Prajurit TNI Bergaul dengan Petani

Cegah Hama Wereng, Prajurit TNI Bergaul dengan Petani

Jember, Obsessionnews – Perubahan iklim yang cukup signifikan memiliki berbagai dampak di dunia pertanian kita diantaranya mulai mewabahnya hama wereng batang yang sudah mulai menyerang sebagiah laan petani di Kecamatan Kencong, Umbulsari dan Gumukmas, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

cegah hama wereng 5

Dengan mulainya serangan hama tersebut pada sejak beberapa hari yang lalu hingga Selasa 8 Maret 2016, UPT Pertanian Kec Umbulsari dan Gumukmas didampingi Babinsa gencar memberikan sosialisasi baik dengan siaran keliling maupun dengan pertemuan-pertemuan dengan para petani dan kelompok tani.

cegah hama wereng 2

Terkait dengan serangan hama wereng tersebut, UPT Pertanian merekomendasikan beberapa langkah kewaspadaan diantaranya agar petani alebih aktif mengadakan pengamatan, melaksanakan pengendalian dengan bijak serta melaksanakan 5 tepat yaitu tepat waktu, tepat jenis pestisida (obat), tepat dosis, tepat sasaran dan tepat pelaksanaannya.

“Hendaknya petani benar-benar waspada dengan lagkah-langkah yang sudah kita sampaikan, apabila ada kesulitan kami bersama Babinsa kapan saja siap memberikan bantuan konsultasi.’, Kepala UPT Pertanian Gumukmas, Ir Sunarto, Selasa (8/3).

cegah hama wereng 3

Terkait dengan hal tersebut, Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Muhammad Nas menyampaikan agar seluruh jajaran lebih aktif dan fokus menyikapi perkembangan yang ada di bidang pertanian, koordinasi secara aktif dengan UPT setempat guna langkah antisipasi dan penanggulangan secara dini terhadap wabah hama wereng tersebut.

cegah hama wereng 4

“Utamanya kepada Babinsa untuk lebih aktif berkomunikasi dengan petani untuk mencegah perluasan serangan hama, sehingga target produksi tidak terpengaruh lebih besar. Saya juga akan koordinasi dengan Dinas Pertanian terkait hama tersebut, dan saya sampaikan terima kasih kepada Jajaran koramil dan UPT setempat yang aktif memberikan sosialisasi kepada petani,” tegasnya.

“Kita harus kawal betul produksi pertanian di Kabupaten Jember ini dalam rangka menunjang program ketahanan pangan dan swa sembada pangan secara nasional,” tambahnya. (Red)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.