Minggu, 25 September 22

Cegah Gangguan Kesehatan, Pemerintah Bagikan Masker

Cegah Gangguan Kesehatan, Pemerintah Bagikan Masker

Padang, Obsessionnews – Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat (Sumbar) Jum’at (2/10) membagikan masker kepada masyarakat akibat kabut asap di daerah itu semakin tebal dan pekat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman, Sayuti Pohan mengatakan, masker yang akan dibagikan 45 ribu. Masker akan didistribusikan ke setiap puskesmas yang ada di Pasaman untuk kemudian, petugas puskesmas membagikan kepada masyarakat.

“Sesuai edaran kita, kalau memang pencemaran udara semakin tinggi, silahkan menghubungi puskesmas terdekat,” kata Sayuti Pohan kepada obsessionnews.com saat dihubungi Kamis (1/10) sekitar pukul 19:09 WIB.

Sayuti Pohan mengatakan, masker yang lebih diperioritaskan kepada peserta didik Paud, TK dan SD, karena usia mereka rentan mengidap penyakit seperti Infeksi Saluran Pernafasan Akut (Ispa) akibat kabut asap.

Masker juga dibagikan kepada masyarakat di wilayah yang kondisi pencemarannya paling berbahaya, karena tidak semua pencemaran udaranya di kecamatan sama.

“Kita lihat juga karena tidak semua kecamatan pencemaran udaranya sama. Kalau misalnya di Lubuk Sikaping hujan, udaranya bagus dan cerah, kan tidak mungkin bagi masker,” sebut Sayuti.

Ia meminta kepada masyarakat supaya memakai masker apabila keluar rumah untuk mengantisipasi gangguan kesehatan.

Hal yang sama diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman, Khairil Anwar megatakan, kebijakan pemerintah membagikan masker terutama bagi siswa adalah yang pertama dilakukan, setelah daerah itu diselimuti kabut asap, pembagian masker dilakukan karena pencemaran udara sudah berada pada level tidak sehat.

Meskipun kualitas udara sudah menurun, peserta didik di Kabupaten Pasaman belum diliburkan. Selain belum berbahaya bagi kesehatan, apabila peserta didik diliburkan, dikhawatirkan mereka lebih banyak bermain diluar rumah.

“Atas pertimbangan itu, peserta didik belum kita liburkan,” kata Khairil Anwar saat dihubungi obsessionnews.com Kamis (1/10) sekitar pukul 19:00 WIB. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.