Selasa, 30 April 24

Catat! Ini Tips Sehat bagi Jemaah Haji di Tanah Suci

Catat! Ini Tips Sehat bagi Jemaah Haji di Tanah Suci
* Jemaah haji memadati areal tawaf di Masjidil Haram. (Dokumen Kementerian Agama R)  

Obsesssionnews.com – Dalam pelaksanaan Ibadah haji tahun ini, stamina yang sehat sangat perlu dipersiapkan bagi jemaah haji Indonesia. Karena adanya perbedaan yang sangat signifikan antara cuaca di Indonesia dan cuaca yang ada di tanah suci Makkah.

Hal ini membuat seluruh jemaah haji yang ada di Indonesia harus melewati serangkaian pemeriksaan kesehatan sebelum benar-benar dinyatakan siap dan mampu untuk menjalankan perjalanan dan ibadah haji di Makkah.

 

Baca juga: Kuota Jemaah Haji Reguler Terpenuhi saat Penutupan Pelunasan Tahap II

 

 

 

Di masa penyesuaian diri dengan kondisi cuaca di tanah suci, jemaah haji Indonesia harus melakukan beberapa hal untuk menghindari atau meminimalisir adanya potensi paparan penyakit dan pingsan saat melakukan prosesi ibadah haji.

 

Berikut tips sehat bagi jemaah haji yang dapat dilakukan dalam menghadapi cuaca panas ekstrim di tanah suci:

 

Pertama, membawa payung untuk menghindari heat stroke atau sengatan panas.

 

Kedua, hindari kegiatan di luar rangkaian ibadah haji, terutama di luar ruangan untuk menghindari cuaca panas di tanah suci.

 

Ketiga, mencukupi asupan air dalam tubuh untuk mencegah dehidrasi.

 

Tips kesehatan bagi jemaah haji di atas diharapkan para jemaah dapat beribadah dengan lancar dan sehat hingga kembali ke Indonesia. Tetap jaga protokol kesehatan dan menerapkan pola hidup bersih selama berada di tanah suci.

 

Jemaah haji Indonesia dimohon untuk menghindari kelelahan secara berlebih, apabila nantinya mengalami gejala penyakit selama berada di Makkah Untuk itu segera melakukan pemeriksaan dengan mengunjungi Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI)  yang telah disediakan, karena di lokasi tersebut telah tersedia berbagai macam obat dan vitamin, ada dokter dan tenaga medis lainnya yang siap menangani keluhan penyakit bagi jemaah haji Indonesia. (M. Lubis)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.