Jumat, 22 Januari 21

Cara Singkat Memborong Pahala

Cara Singkat Memborong Pahala
* Ilustrasi mencari pahala. (Foto: Ist)

Berikut ini adalah cara singkat mencari pahala :

1. Membaca Surah Al-Ikhlas
Surah Al-Ikhlas, adalah surah yang cukup mudah untuk dihafal dan ia adalah surah yang cukup populer untuk dibaca di dalam sholat apabila kita mengejar waktu.

Rasulullah SAW bersabda :
“Siapa yang membaca qul huwallahu ahad sampai akhir ( Surah Al-Ikhlas ) sebanyak sepuluh kali, maka akan dibangunkan baginya rumah di syurga.” (Hadits Riwayat Ahmad)

Jadikan membaca surah al-Ikhlas sebagai amalan mengisi waktu luang, InsyaAllah kita akan memperoleh rumah di Syurga.

2. Bersolawat Kepada Rasulullah SAW
Kita memang dianjurkan untuk sentiasa bersholawat kepada baginda Rasulullah, karena bagi setiap sholawat, Allah akan memberi 10 kali salam kepada kita. Salam di sini bermaksud dirahmati kehidupan kita, dipermudah urusan kerja dan sebagainya.

“Barangsiapa yang bersolawat ke atasku sekali, niscaya Allah akan turunkan rahmat ke atasnya 10 kali lipat.” (Hadits Riwayat Muslim)

‎اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ

Di dalam masa satu menit, kita bisa  bersholawat melebihi dari 30 kali atau jika kita melafazkan sholawat pendek bisa melafadlkan sampai 100 kali.

3. Beristighfar Memohon Ampunan
Setiap kali kita beristighfar, Allah akan memberikan kegembiraan, kelapangan dan memberi rezeki dari arah yang kita tidak sangka-sangka.

Seperti sebuah hadis baginda Nabi Muhammad SAW :
“Barangsiapa yang senantiasa beristighfar, maka Allah akan memberikan kegembiraan dari setiap kesedihannya, kelapangan bagi setiap kesempitannya dan memberi rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.” (Hadis Riwayat Abu Daud, Ibnu Majah dan Ahmad)

Kita bisa beristighfar menggunakan lafaz pendek : “Astaghfirullah hal ‘adzim” Hanya butuh beberapa menit kita bisa melafadlkan100 kali.

4. Bertanya Kabar Keluarga
Dengan kemudahan media sosial seperti sekarang ini, kita hanya perlukan beberapa detik sudah bisa bertanya kabar keluarga, Dengan satu pesan SMS atau WA untuk mengetahui keadaan keluarga tersayang. Ini juga sudah sebagai menyambung tali silaturahim.

Sabda Nabi Muhammad SAW: “Barangsiapa yang suka diluaskan rezekinya dan ditangguhkan kematiannya, hendaklah ia menyambung silaturahim.” (Hadits Riwayat Bukhari).

5. Lafadl Tasbih.
️Dua kalimah yang ringan di mulut, tetapi berat di timbangan, serta disukai oleh Allah Yang Maha Pengasih yaitu :
“Subhanallah wa bihamdihi, subhanallah hil adzim.” (Hadist Riwayat Muslim.)

Ucapkan Subhanallahi Wabihamdihi 100x dlm sehari, maka dosa kita akan dihapuskan, meskipun sebanyak buih dilautan. Subhanallah… Aamiin Allahuma Aamiin

6. Akui Semua Kejadian Adalah Kehendak Allah SWT
Kalimat ini sangat ringkas tetapi mempunyai manfaat yang luar biasa.

Nabi Muhammad bersabda SAW :
“Wahai ‘Abdullah bin Qois, katakanlah ‘laa hawla wa laa quwwata illa billah’, karena ia merupakan simpanan pahala berharga di syurga.”(Hadis Riwayat Bukhari).

Bayangkan dengan lafaz semudah ini, kita bisa mempunyai satu simpanan pahala yang berharga di syurga.

7. Mendoakan Orang Lain
Kita bisa menberdoakan untuk siapa saja, Insya Allah Allah juga akan memberikan doa yang sama buat kita.

Rasulullah bersabda SAW :
“Barangsiapa yang mendoakan mukmin lelaki ataupun perempuan, niscaya Allah akan memberi pahala kebaikan dari setiap mukmin lelaki dan perempuan yang didoakannya.” (Hadits Riwayat al-Thabarani).

8. Sebarkan Kebaikan
Di zaman dunia di ujung jari ini, cukup mudah untuk kita sebarkan kebaikan.

Setiap kebaikan yang kita teruskan kepada orang lain, mereka akan mendapat manfaatnya. Jika orang lain mempraktekkan apa saja kebaikan tersebut, kita juga akan mendapat pahalanya.

Rasulullah berpesan : “Sampaikanlah dariku walau satu ayat” dan “setiap kebaikan adalah sedekah.” (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.