Sabtu, 13 Agustus 22

Cara Sederhana Cegah Penuaan Dini

Cara Sederhana Cegah Penuaan Dini
* Ilustrasi penuaan dini. (Grid.id)

Seiring bertambah usia, proses penuaan pada kulit adalah hal yang tidak terelakkan dan wajar terjadi. Namun, ada juga kondisi di mana kulit, utamanya kulit wajah terlihat jauh lebih tua daripada yang seharusnya. Kondisi ini mungkin terjadi karena penuaan dini alias proses penuaan kulit yang terjadi terlalu cepat.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan hal ini terjadi, termasuk di antaranya tidak merawat kulit dengan baik serta pola hidup yang tidak sehat. Kabar baiknya, penuaan dini bisa dicegah hanya dengan melakukan beberapa langkah sederhana.

Penasaran apa saja hal-hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penuaan dini? Simak ulasannya di artikel berikut!

Beragam Cara Mencegah Penuaan Dini
Paparan sinar matahari menjadi salah satu faktor yang bisa memicu penuaan dini pada kulit. Selain itu, kebiasaan sehari-hari yang tidak sehat juga bisa memperparah kondisi kulit. Makanya, penting untuk selalu menerapkan langkah-langkah untuk mencegah penuaan dini berikut:

Selalu Gunakan Sunscreen
Sunscreen alias tabir surya bisa membantu melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari. Jika kamu banyak melakukan aktivitas di luar rumah, pastikan untuk selalu menggunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih.

Kenakan Pakaian Tertutup
Selain mengoleskan tabir surya, lindungi juga kulit dengan mengenakan pakaian tertutup saat harus berada di bawah sinar matahari dalam waktu lama. Kenakan pakaian lengan panjang, topi, serta kacamata hitam untuk melindungi diri.

Rajin Cuci Muka
Cuci muka tidak hanya berperan dalam membersihkan sisa kotoran dan debu. Nyatanya, rajin membersihkan muka juga bisa mencegah penuaan dini.

Hindari penggunaan sabun wajah yang keras dan mengandung bahan berbahaya, agar kulit tidak kering. Jangan mencuci muka dengan air yang terlalu panas dan hindari menggosok wajah terlalu keras, karena dapat memicu iritasi.

Pakai Pelembap
Pelembap wajah dibutuhkan untuk mencegah kulit kering dan pecah-pecah. Kerusakan pada kulit bisa membuatnya terlihat lebih tua.

Pilih Produk yang Sesuai
Memilih produk kecantikan yang sesuai dengan kondisi kulit juga penting. Hal ini akan mencegah terjadinya kerusakan yang membuat kulit terlihat lebih tua dari seharusnya.

Berhenti Merokok
Faktanya, kebiasaan merokok bisa merusak kesehatan secara menyeluruh, termasuk kesehatan kulit. Kebiasaan merokok bisa membuat kulit menjadi lebih cepat menua, muncul kerutan, dan terlihat kusam.

Konsumsi Makanan Sehat
Cara mencegah penuaan dini selanjutnya adalah selalu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Konsumsi buah dan sayur bisa membantu menjaga kesehatan serta mencegah terjadinya penuaan pada kulit. Hindari juga kebiasaan mengonsumsi banyak gula dan karbohidrat, sebab keduanya disebut dapat memicu penuaan dini.

Hindari Alkohol
Hindari kebiasaan mengonsumsi alkohol terlalu banyak, sebab kandungan ini bisa merusak kulit. Berlebihan dalam mengonsumsi alkohol bisa membuat kulit kering dan rusak.

Rutin Berolahraga
Mencegah penuaan dini juga bisa dilakukan dengan rutin berolahraga. Aktivitas fisik bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah serta kekebalan tubuh. Pada gilirannya, hal ini bisa membuat kulit terlihat lebih muda dan mencegah penuaan. (Halodoc/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.