Selasa, 19 Maret 24

Breaking News
  • No items

Cara Mencegah Agar Terhindar Virus Corona

Cara Mencegah Agar Terhindar Virus Corona
* Virus Corona. (Foto: Orami)

Jakarta, Obsessionnews.com – Dunia kesehatan tengah dicemaskan dengan kemunculan virus corona. Virus yang bermula datang dari Wuhan, Tiongkok, ini telah menyerang 218 orang. Virus ini menginfeksi orang dengan rentang usia 30-79 tahun.

Anggota baru dari virus penyebab Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) dan Middle East Respiratory Syndrome (MERS) ini kemudian menyebar ke beberapa negara lain yang berdekatan dengan Indonesia, seperti Singapura, Korea Selatan, Thailand dan Hongkong.

Kemunculan penyakit misterius ini sejak awal tahun ini membuat banyak orang khawatir. Sebab selain kemunculannya yang cepat dan tiba-tiba, penyakit ini belum diketahui penyebab dan cara menyembuhkannya. Orang yang tertular disebut mengalami serangkaian gejala mirip Pneumonia, yaitu sesak napas, batuk, demam, serta gangguan pernapasan lainnya.

Sebenarnya sudah ada vaksin yang dianggap efektif mencegah infeksi saluran pernapasan seperti penumonia, yaitu vaksin PCV, vaksin pneumokokus PPSV23 dan vaksin Haemophilus influenzae type B (Hib). Namun sayangnya, karena virus yang berkembang di Wuhan merupakan virus corona jenis baru, belum ada vaksin yang tersedia untuk mencegahnya.

Sebagai pencegahan, Perhimpunan Dokter Paru Indonesia atau (PDPI) telah mengeluarkan imbauan agar masyarakat melakukan langkah-langkah ini:

– Selalu jaga kebersihan tangan, terutama sebelum memegang mulut, hidung, mata, serta setelah memegang sesuatu di tempat umum.

– Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun setidaknya selama 20 detik lalu bilas.

– Saat mengeringkan tangan, gunakan handuk atau kertas tisu sekali pakai.

– Apabila tidak ada fasilitas untuk cuci tangan, gunakan sabun cuci tangan atau hand sanitizer yang memiliki kandungan alkohol 70-80 persen.

– Pastikan menutup mulut ketika batuk dan bersin.

– Apabila gejala gangguan pernapasan mulai muncul, segera berobat ke dokter, serta menggunakan masker saat mengunjungi fasilitas kesehatan.

Bagi Anda yang berencana mengunjungi negara lain maupun wilayah yang terbukti sedang mengalami wabah virus corona, PDPI mengimbau untuk:

– Tidak menyentuh burung dan hewan lainnya.

– Tidak mengunjungi pasar atau toko buah, peternakan, maupun pasar yang menjual hewan hidup.

– Tidak melakukan kontak langsung dengan individu yang sedang merasakan gejala infeksi saluran pernapasan.

– Mematuhi petunjuk keamanan makanan dan aturan kebersihan.

– Segera mengunjungi fasilitas kesehatan setempat dengan menggunakan masker, apabila sedang berada di dearah terjadinya wabah dan Anda mulai merasa tidak enak badan disertai dengan demam atau batuk.

– Segera mengunjungi dokter dan menggunakan masker saat bepergian, jika setelah kembali dari daerah wabah, Anda merasa tidak enak badan disertai demam atau gejala lain. Pemakaian masker saat bepergian penting untuk mencegah penyebaran virus melalui udara.

Meski saat ini belum ada laporan mengenai infeksi virus corona di Indonesia, tidak ada salahnya untuk tetap waspada terhadap penyakit ini. Sebab, para ahli memperkirakan jumlah penderita yang terinfeksi virus ini akan meningkat menjelang datangnya Tahun Baru Imlek. Sebab, akan ada banyak sekali pengunjung yang datang ke negara tersebut. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.