Sabtu, 25 Januari 20

Cara Hilangkan Ngantuk Saat Jam Kerja

Cara Hilangkan Ngantuk Saat Jam Kerja
* ilustrasi ngantuk. (ist)

BEKERJA delapan jam sehari bisa sangat melelahkan dan tidak ada yang lebih buruk daripada saat lelah Anda malah ngantuk. Hal tersebut bukan hanya merusak konsentrasi dan niat untuk menyelesaikan pekerjaan, tapi juga bisa membuat Anda malu karena bisa jadi bahan bercandaan teman atau bos.

Pada beberapa tahun terakhir, banyak perusahaan telah menyiapkan ruang tidur untuk karyawan yang ngantuk. Meski demikian, banyak yang tidak memanfaatkan hal tersebut karena takut dianggap tidak profesional di jam kerja. Selain itu, ya, Anda tentu bakal berpikir dua kali untuk merebahkan badan di saat pekerjaan belum tuntas.

Menurut YouGov, fenomena ngantuk di jam kerja adalah hal biasa. Penelitian mereka menyimpulkan bahwa 54% dari orang Amerika Serikat yang bekerja selama delapan jam sehari setidaknya pernah merasakan ngantuk di siang atau sore hari. Ya, Anda tak perlu malu atau takut dibilang tidak profesional.

Nah, jika Anda sudah mulai lelah menghadapi masalah seperti itu, ada baiknya mencoba solusi berikut. Siapa tahu lima tips ini membantu memecahkan masalah ngantuk Anda di jam kerja. Berikut di antaranya:

Dengarkan Musik
Mindlab International membuat riset mengenai efek mendengarkan musik saat bekerja. Riset tersebut menghasilkan sebuah kesimpulan: 9 dari 10 orang bekerja lebih baik ketika mereka mendengarkan musik. Mereka tak hanya mampu mengerjakan pekerjaan dengan lebih cepat, tapi juga tak merasakan adanya ngantuk.

Ngantuk muncul dalam banyak sebab akibat. Selain karena lelah, ngantuk muncul karena tidak adanya pemacu. Nah, dalam riset Mindlab International tersebut, musik adalah pemacu konsentrasi terbaik, setelah membasuh muka dan konsumsi cairan atau makanan ringan.

Meski demikian, tidak semua musik bisa menghilangkan ngantuk, musik klasik misalnya. Mereka dinilai tidak bisa memacu konsentrasi seseorang yang mengalami ngantuk karena mereka dianggap malah membuat detak jantung menjadi pelan dan pendengar malah menjadi rileks.

Perbanyak Konsumsi Cairan
Konsumsi cairan, seperti air putih, dianggap sebagai cara paling jitu untuk menghilangkan ngantuk. Tidak salah memang. Konsumsi air putih yang cukup tidak hanya akan menjadi Anda dari dehidrasi, tapi juga meningkatkan kadar oksigen dan menjaga pikiran tetap tajam.

Air putih adalah cairan terbaik untuk konsumsi kala mengantuk. Bagaimana tidak, apabila Anda berpikir untuk minum cairan dengan kandungan gula tinggi, hal tersebut hanya akan meningkatkan energi Anda untuk sementara dan bakal mengembalikan Anda ke kondisi ngantuk.

Alasan lain yang membuat konsumsi air putih jadi pilihan terbaik adalah bakal membuat Anda akan sering ke kamar mandi. Dengan sering ke kamar mandi, Anda tidak hanya akan lepas dari kondisi ngantuk, tapi juga sedikit segar karena tubuh melakukan gerakan yang sifatnya paksaan.

Lakukan Sedikit Peregangan
Cara lain untuk membuat tetap terjaga di tengah ngantuk yang melanda adalah melakukan peregangan. Tenang, di sini Anda tidak perlu melakukan pemanasan atau bahkan senam. Di sini Anda hanya perlu meregangkan sedikit otot-otot yang terasa pegal dan lelah hingga akhirnya membuat Anda ngantuk.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Georgia menunjukkan bahwa melakukan peregangan ringan selama 10 menit di tengah pekerjaan dapat meningkatkan tingkat energi Anda dan menghilangkan ngantuk. Mereka juga menyimpulkan bahwa peregangan paling baik adalah lari di tempat.

Namun, patut diingat bahwa usai melakukan peregangan ada baiknya untuk meminum satu gelas air putih. Pasalnya, peregangan secara tidak langsung membuat peredaran Anda jadi terganggu dan Anda perlu asupan cairan demi membuat peredaran darah kembali menjadi normal.

Makan Sedikit Makanan Ringan
Boleh jadi, salah satu penyebab Anda mengantuk adalah apa yang Anda konsumsi sebelumnya. Semakin banyak Anda mengkonsumsi karbohidrat, maka semakin Anda akan semakin cepat mengantuk. Begitu pula saat Anda semakin banyak mengkonsumsi gula.

Nah, makanan ringan punya pengaruh untuk mengatasi itu. Konsumsi makanan ringan bisa membuat Anda terhindar dari ngantuk ketika sedang berusaha untuk fokus menyelesaikan tugas-tugas yang dilimpahkan kepada Anda. Salah satu makanan ringan terbaik adalah kacang-kacangan. Tak hanya energi, mereka juga bakal memberikan Anda asupan sedikit kalori.

Selain makanan ringan, ada baiknya Anda mengkonsumsi buah-buahan. Buah-buahan yang mengandung banyak air seperti jeruk dan semangka tak hanya akan membuat Anda beraktivitas, tapi juga memberikan asupan cairan yang bakal menjadikan mata Anda melek dengan seketika.

Cari Tempat dengan Peredaran Udara yang Baik
Journal of Clinical Sleep Medicine melakukan sebuah studi pada 2014 mengenai dampak peredaran udara terhadap efektivitas karyawan saat bekerja. Hasilnya seperti yang mereka perkirakan: Karyawan yang bekerja di tempat dengan perederan udara lebih baik punya potensi untuk tidak tidur atau mengantuk di jam kerja.

Tempat dengan peredaran udara penting bagi karyawan karena memberikan sirkulasi udara lebih baik. Dengan itu, mereka pun bisa terus menerus merasakan adanya udara segar. Udara segar bermanfaat terhadap fokus dan konsentrasi seseorang saat melakoni sebuah pekerjaan.

Tidak hanya itu, peredaran udara–yang disertai sinar matahari–juga baik karena bakal membuat seseorang memperoleh vitamin D, yang notabene memiliki kandungan kalsium dan fosfor tinggi. Tak heran, Vitamin D menjadi elemen penting bagi kesehatan tulang seseorang. (glints.com/id)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.