Jumat, 19 April 24

Cara Bedakan Madu Asli dan Madu Palsu

Cara Bedakan Madu Asli dan Madu Palsu
* Madu palsu. (Foto: TAP)

Madu asli adalah cairan kental manis seperti sirup yang dihasilkan oleh lebah ataupun serangga lain yang mereka dapatkan dari nektar bunga dan dikumpulkan dalam suatu tempat kemudian didiamkan untuk beberapa saat untuk tujuan fermentasi agar madu juga siap dikonsumsi oleh manusia.

Madu memang mempunyai banyak khasiat. Hanya saja saat ini muncul banyak eksperimen manusia tentang mengotak atik madu dengan cara ditambahi bahan lain sehingga madu menjadi tidak murni lagi (madu palsu) karena telah dicampur dengan misalnya air dan gula, bahkan ada juga yang sampai mencampurnya dengan spritus.

Madu saat ini sudah dibuat rasa inovasi oleh khalayak ramai. Seringkali madu dibuat menjadi perisa berbagai makanan ataupun minuman bahkan sekarang ada es krim rasa madu yang dibuat dengan mesin pembuat es krim.

Oleh karena itu kita sebagai konsumen madu juga harus jeli tentang bagaimana caranya mengetahui madu asli dan madu palsu sehingga kita tidak akan tertipu oleh oknum oknum nakal yang memalsukan madu tersebut. Kali ini akan kita ulas bagaimana caranya mengetahui keaslian madu.

1. Uji dengan Telur
Campurkan madu dengan kuning telur, Jika kuning telur saat dicampur terlihat seperti matang maka itu menandakan madu asli. Namun, cara ini sudah tidak efektif lagi, karena produsen nakal bisa menambahkan bahan seperti cuka atau nanas untuk menjadikan madu palsu nampak matang saat dicampur dengan kuning telur.

2. Uji dengan Sifat Penyerapan
Cara membedakan madu asli dengan yang palsu yaitu dengan meletakkan madu di atas koran. Jika saat diletakkan di permukaan koran tidak tembus maka itu membuktikan bahwa itu madu asli murni, karena pada madu yang asli memiliki kadar air yang sangat rendah. Jika tembus pada koran maka menandakan madu itu palsu atau campuran.

3. Uji dengan Membakar
Cara membedakan madu asli atau palsu selanjutnya dengan membakarnya. madu yang asli murni dapat terbakar kadarnya sangat kental dan yang palsu tidak bisa dibakar.

Caranya celupkan kapas ke dalam madu lalu bakar dan lihat hasilnya terbakar atau tidak. namun cara ini tergolong kurang efektif karena jika madu palsu itu ditambahkan bahan yang mudah terbakar seperti spirtus maka bisa juga terbakar.

Anda juga bisa membakarnya dengan sendok, tuangkan madu pada sendok kemudian bakar sendoknya, jika meluber dan terdapat buih maka itu madu asli murni. Namun, jika tidak meluber atau tumpah hanya tercipta buih saja maka menandakan bahwa madu tersebut palsu.

4. Uji Dengan Pendingin
Ambil madu dengan menggunakan sendok, kemudian masukkan ke dalam kulkas/freezer, tunggu beberapa menit dan lihat apa yang terjadi. Jika membeku berarti itu madu palsu, kemudian jika tidak membeku menandakan itu madu murni tanpa campuran.

5. Teteskan Madu ke dalam Air
Masukkan satu tetes madu ke dalam air. Jika tetesan madu tersebut tidak tercampur dengan air dan terjatuh ke dasar air, maka madu tersebut asli atau murni. Namun, kalau tetesan madu bisa tercampur atau terapung dalam air, maka bisa dikatakan bahwa madu tersebut palsu/campuran. (*/Medium/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.