Selasa, 18 Januari 22

Cara Atasi Gusi Bengkak akibat Gigi Berlubang

Cara Atasi Gusi Bengkak akibat Gigi Berlubang

Penyebab gusi bengkak ada beragam, dan salah satunya adalah gigi berlubang. Gusi bengkak karena gigi berlubang bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu nafsu makan. Untuk mengatasi keluhan ini, ada berbagai cara alami yang dapat Anda coba lakukan.

Gigi berlubang dapat disebabkan oleh infeksi yang bisa menyebar ke gusi dan memicu peradangan serta pembengkakan pada gusi. Kondisi ini ditandai dengan gusi memerah dan terasa nyeri, serta menimbulkan bau tidak sedap.

Bahkan, gusi bengkak karena gigi berlubang dapat menyebabkan terbentuknya nanah di bawah gusi dan memicu kerusakan jaringan penopang gigi bila dibiarkan tanpa penanganan.

Nah, sebagai langkah penanganan awal, ada beberapa cara mudah dan sederhana yang dapat Anda coba lakukan untuk mengatasi gusi bengkak karena gigi berlubang, yaitu:

1. Kumur dengan air garam
Sebuah studi menunjukkan bahwa berkumur menggunakan air garam dapat meredakan gusi bengkak akibat gigi berlubang. Hal ini karena kandungan mineral dalam garam mampu menghambat pertumbuhan bakteri pada mulut dan gusi, yang bisa menjadi pemicu gusi bengkak.

Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mencampur 1 sendok teh garam dengan 240 ml air hangat, kemudian aduk hingga merata. Selanjutnya, berkumurlah selama 30 detik, lalu keluarkan dan jangan sampai tertelan.

2. Gunakan kompres hangat atau dingin
Cara mengatasi gusi bengkak karena gigi berlubang selanjutnya adalah dengan menggunakan kompres hangat atau dingin. Untuk kompres hangat, Anda dapat merendam waslap atau handuk bersih ke dalam air hangat, peras hingga tidak ada air yang menetes, lalu letakkan pada pipi yang tampak membesar akibat gusi bengkak selama 5 menit.

Sedangkan untuk kompres dingin, Anda bisa menggunakan es batu yang dibungkus dengan kain. Terapkan cara yang sama seperti kompres hangat dan lakukan sebanyak 2–3 kali dalam sehari untuk meredakan pembengkakan.

3. Oleskan bubuk kunyit
Kandungan kurkumin dalam kunyit bersifat antioksidan dan antiradang sehingga bisa mengurangi rasa sakit dan peradangan pada gusi yang bengkak. Cara mendapatkan manfaat kunyit ini pun tidak sulit.

Anda hanya perlu menyikat gigi hingga bersih, kemudian oleskan bubuk kunyit atau kunyit yang telah diparut ke area gusi yang bengkak. Biarkan selama 10 menit, kemudian berkumurlah dengan air bersih dan keluarkan. Lakukan perawatan ini sebanyak 2 kali dalam sehari hingga bengkaknya hilang.

4. Kumur dengan minyak esensial
Penelitian menunjukkan bahwa minyak peppermint, tea tree, dan thyme efektif dalam mencegah pertumbuhan mikroorganisme di mulut, sehingga bisa dimanfaatkan untuk meredakan gusi bengkak karena gigi berlubang.

Caranya adalah dengan mencampur 3 tetes minyak esensial ke dalam 240 ml air hangat, lalu aduk hingga rata. Gunakan larutan ini untuk berkumur selama 30 detik dan jangan sampai tertelan.

5. Gunakan minyak cengkeh
Minyak cengkah merupakan salah satu bahan herbal yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gusi bengkak akibat gigi berlubang. Ini karena cengkeh dan minyak cengkeh memiliki efek antiradang, antibakteri, dan antinyeri.

Untuk memanfaatkan minyak cengkeh sebagai obat gusi bengkak, Anda bisa mengoleskannya secara langsung pada gusi yang bengkak sebanyak 2 atau 3 kali sehari. Selain itu, Anda juga bisa berkumur dengan campuran 3–4 sendok teh minyak cengkeh dan segelas air untuk mengurangi nyeri dan bengkak di gusi.

Selain ke lima cara di atas, Anda juga perlu melakukan perawatan dasar gusi dan gigi, seperti menyikat gigi 2 kali sehari dan menggunakan benang gigi untuk mengangkat sisa makanan yang menempel pada gigi. Anda juga bisa mencoba oil pulling untuk mengatasi gusi bengkak dan nyeri.

Batasi pula konsumsi makanan atau minuman manis, seperti permen, biskuit, dan cokelat. Kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol juga perlu dihentikan karena rokok bisa mengiritasi gusi dan membuat pembekakan gusi semakin parah.

Apabila berbagai cara di atas tidak berhasil mengurangi rasa nyeri yang Anda rasakan, Anda juga bisa menggunakan obat pereda nyeri, seperti paracetamol atau ibuprofen, untuk mengurangi nyeri akibat gusi bengkak dan gigi berlubang.

Keluhan gusi bengkak karena gigi berlubang memang bisa diatasi dengan perawatan sederhana di rumah. Namun, Anda tetap harus berkunjung ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat, terutama jika gusi bengkak disertai keluhan lain, seperti demam, nyeri sangat parah, atau gusi bernanah. (Alodokter/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.