Minggu, 24 Oktober 21

Capture Gambar CCTV Bisa Jadi Barang Bukti Pelanggar Lalu Lintas

Capture Gambar CCTV Bisa Jadi Barang Bukti Pelanggar Lalu Lintas
* Alat CCTV untuk merekam pelanggar lalu lintas. (foto: youtube.com)

Jakarta, Obsessionnews.com – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya (Ditlantas PMJ) nampaknya akan serius menerapkan sistem tilang menggunakan Closed Circuit Television (CCTV) alias (tilang elekronik atau E-tilang). Karena Ditlantas PMJ akan berkoordinasi dengan Pengadilan Tinggi Jakarta terkait penegakan hukum bagi pelanggar lalu lintas.

“Kami koordinasi untuk penindakan tilang dengan barang bukti hasil rekaman CCTV,” ujar Direktur Lalu lintas Kombes Pol Halim Pagarra di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (19/10/2017).

Jadi caranya cukup meng-capture gambar kendaraan si pelanggar lalu lintas dengan menggunakan sistem CCTV. “Itu sudah bisa dijadikan barang bukti,” kata Halim

Namun hal itu belum bisa disebut tindakan tilang otomatis atau elektronik tilang (e-tilang). Sebab, masih mengambil gambar pelanggar dengan manual melalui CCTV.

Berbeda dengan tilang otomatis, di mana CCTV yang merekam gambar pelanggar secara otomatis mencetak tilang tersebut.“Intinya bahwa penegakan hukum dengan peralatan elektronik dapat dilaksanakan, karena dasar hukumnya sudah ada,” jelas Halim.

Untuk penindakan tersebut, Ditlantas dapat mengirim surat ke Pengadilan Tinggi Jakarta, yang akan digunakan sebagai dasar Pengadilan Tinggi mengundang para Pengadilan Negeri wilayah Jakarta.”Untuk menyamakan cara pandang dan persepsi yang sama tentang rencana penegakan hukum dengan peralatan elektronik,” katanya. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.