Senin, 23 September 19

Capim KPK Banyak Bermasalah, Para Guru Besar Kirim Surat ke Jokowi

Capim KPK Banyak Bermasalah, Para Guru Besar Kirim Surat ke Jokowi
* Koalisi Masyarakat Sipil Minta Jokowi Evaluasi Seleksi Capim KPK. (Foto; Detik)

Jakarta, Obsessionnews.com – Proses seleksi calon pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kali ini dianggap sebagai paling buruk. Pasalnya, ada beberapa capim bermasalah yang tetap diloloskan oleh tim seleksi.

Calon bermasalah itu di antaranya adalah calon yang tidak taat dalam laporan LHKPN, diduga pernah terlibat pelanggaran etik, pernah menghalangi kerja KPK, dan bahkan ada yang diduga pernah menerima gratifikasi.

Desakan agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih capim KPK berintegritas pun bermunculan, tak terkecuali sejumlah guru besar dari berbagai universitas. Mereka berkirkm surat kepada Presiden Jokowi.

Dekan Fakultas Hukum UGM Sigit Riyanto menyatakan surat tersebut dihimpun dari berbagai opini para aktivis anti-korupsi lintas universitas.

“Itu dihimpun dari berbagai opini para aktivis anti-korupsi lintas universitas. Sedang berproses, karena masih banyak yang ingin mendukung,” kata Sigit melalui pesan singkat, Senin (2/9/2019).

Dalam surat tersebut, para guru besar meminta Jokowi memperhatikan betul integritas dan kredibilitas Capim KPK yang akan disodorkan ke DPR. Mereka juga meminta Presiden menengok rekam jejak para Capim KPK yang nantinya akan disodorkan ke DPR untuk dipilih.

Mereka meyakini Presiden menginginkan lima Pimpinan KPK merupakan sosok yang bersih dan mampu memperkuat KPK. Berikut isi suratnya:

 

Halaman Selanjutnya

Pages: 1 2 3

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.