Kamis, 25 April 24

Canon Speedlite 470EX-AI, Flash Pintar Pertama di Dunia

Canon Speedlite 470EX-AI, Flash Pintar Pertama di Dunia
* Canon Division Director pt. Datascrip Merry Harun (kanan) dan Marketing Manager Canon Image Communication Product Group Div, pt. Datascrip Angelie Ivone (kiri). (foto: Istimewa)

Jakarta, Obsessionnews.comMempermudah fotografer untuk memotret subjek dengan menggunakan flash, Pt. Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digital Canon di Indonesia menghadirkan sebuah flash pintar bernama Canon Speedlite 470EX-AI. Ini adalah flash pertama di dunia yang dilengkapi dengan teknologi Auto Intelligent Bounce.

Dengan demikian tanpa memerlukan teknik khusus flash ini secara otomatis bisa mempermudah fotografer menghasilkan foto dengan pencahayaan yang terlihat natural dan merata saat memotret dengan flash.

Canon Division Director pt. Datascrip Merry Harun mengatakan, Canon memperkenalkan terobosan teknologi AI bounce pada Speedlite 470EX-AI yang menjadikan fotografi flash mudah dan praktis. Speedlite 470EX-AI merevolusi fotografi flash serta memberikan nilai tambah untuk keterampilan fotografi pengguna kamera.

“Inovasi adalah inti bisnis Canon dan kami selalu melahirkan produk yang memenuhi kebutuhan pelanggan,” ujar Merry dalam keterangan tertulisnya yang diterima Obsessionnews.com, Jakarta, Kamis (26/4/2018).

Memotret dengan flash pantul (bounce) adalah teknik fotografi flash yang umum digunakan untuk menangkap dan menerangi subjek dengan cahaya lembut dan natural. Hal ini khususnya berlaku pada pemotretan dalam ruangan di mana flash diarahkan menjauhi subjek, misalnya ke atas subjek dengan tujuan mengurangi cahaya serta untuk mendapatkan pencahayaan yang lebih natural.

Canon Speedlite 470EX-AI

Bagi fotografer pemula, teknik fotografi flash kemungkinan sulit mendapatkan sudut optimal berkaitan dengan perubahan pantulan pada flash. Kini dengan adanya teknologi AI bounce, Speedlite 470EX-AI memungkinkan pengguna memperoleh foto terbaik dengan menentukan sudut pantul optimal secara otomatis.

Sementara itu, Marketing Manager Canon Image Communication Product Group Div, pt. Datascrip Angelie Ivone mengatakan, kelebihan Speedlite 470EX-AI dibandingkan flash konvensional lainnya adalah speedlite ini dilengkapi dengan motor penggerak, sensor pendeteksi akselerasi dan sensor pengukur jarak.

“Ketiga elemen tersebut memperkuat fungsi AI bounce dan pengguna pun dapat memilih antara mode full-auto atau semi-auto,” ujar Angelie.

Pengoperasian yang Praktis

Saat menggunakan flash untuk memotret dengan lensa ultra wide, area sekeliling untuk gambar cenderung gelap karena efek vignette. Untuk mengatasi masalah ini, panel lebar Speedlite 470EX-AI dapat memperpanjang distribusi cahaya ke area selebar cakupan lensa wide-angle 14mm (dengan sensor full frame 35mm). Hal ini menghasilkan distribusi cahaya yang merata di seluruh gambar.

 

Dilengkapi dengan adaptor attachment SBA-E4, pengguna dapat dengan mudah memotret subjek dengan cahaya yang halus tanpa bayangan. Adaptor menyebarkan dan melembutkan cahaya serta menghilangkan bayangan di sekitar subjek, menciptakan cahaya yang lembut dan tersebar, sempurna untuk foto portrait. Adanya fitur high-speed sync bermanfaat saat memotret pada kondisi backlit untuk mencegah latar depan yang gelap.

Dengan shutter yang bisa dilepaskan pada kecepatan lebih tinggi dibandingkan kecepatan sinkronisasi flash, pengguna dapat mengambil foto dengan bukaan lebar untuk mendapatkan efek latar belakang yang kabur, sambil tetap menjaga ketajaman fokus subjek. Selain itu, adanya fitur high-speed sync bermanfaat saat memotret pada kondisi backlit untuk mencegah latar depan yang gelap.

Dilengkapi dengan tombol pengaturan, pengguna dapat menyesuaikan tingkat flash exposure langsung pada flash. Speedlite 470EX-AI juga dapat digunakan secara nirkabel. Pada kondisi ini, speedlite berfungsi sebagai unit penerima dan juga bisa menjadi pemicu dari sinyal cahaya optikal dari speedlite Canon lain dengan fungsi wireless utama, atau kamera EOS dengan Intergrated Speedlite Transmitter. Untuk itu, pt. Datascrip memasarkan Speedlite 470EX-AI dengan harga Rp7.700.000. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.