Kamis, 28 Maret 24

Breaking News
  • No items

Candi Singosari Tempat Wisata Asyik di Malang

Candi Singosari Tempat Wisata Asyik di Malang
* Candi Singosari di Desa Candirenggo Kecamatan Singosari, Malang, Jawa Timur. (Foto: Sutanto/OMG)

Ndalemratu belum lama hadir untuk menemani Anda menapaktilas peninggalan-peninggalan kerajaan masa lampau. Terletak di Jalan Kertanegara Barat I No. 9 Singosari-Malang, Jawa Timur, berdiri kokoh bangunan Joglo ala Jawa dilengkapi hamparan taman yang rindang di depan Joglo. Menariknya, seolah mendukung konsep perjalanan wisata sejarah yang ditawarkan, persis depan Ndalemratu terdapat dua Arca Dwarapala besar berdiri kokoh menyambut tamu yang datang.

Dwarapala adalah patung penjaga gerbang atau pintu dalam ajaran Siwa dan Buddha. Biasanya Arca ini diletakkan di luar candi, kuil atau bangunan untuk melindungi tempat suci atau tempat keramat. Konon, Arca Dwarapala ini ditemukan tertimbun di dalam tanah. Dan ada sebuah cerita menarik, bahwa untuk mengangkat arca ke permukaan tanah ini tidak bisa diangkat dengan cara biasa menggunakan alat berat. Untuk mengangkat Arca Dwarapala terbesar di Indonesia dengan berat 37 ton dan tinggi 3,7 meter ini, dilakukan ritual khusus, yang konon katanya melalui ritual tersebut, Arca Dwarapala ini bisa diangkat hanya dengan menggunakan rambut.

Bangunan Ndalemratu berdiri tak jauh dari kedua Arca Dwarapala ini. Meramaikan wisata di Kelurahan Candirenggo. Ndalemratu hadir sebagai resto dan gallery yang menawarkan makanan khas Kerajaan Singosari, Majapahit dan Kediri, galeri batik dan pusat kerajinan yang bisa Anda beli untuk buah tangan, serta menghadirkan paket perjalanan wisata sejarah. Paket tersebut bersinergi untuk kembali memperkenalkan sejarah yang kini telah tergerus zaman, serta mengajak generasi milenial untuk turut melestarikan warisan seni dan budaya bangsa yang luhur.

“Melalui Ndalemratu, saya ingin kembali memperkenalkan sejarah bangsa Indonesia kepada generasi penerus bangsa. Jangan sampai sejarah dilupakan dan hilang begitu saja tergerus perkembangan zaman. Dan alhamdulillah gayung bersambut karena pemerintah juga mendukung. Sesuai dengan program pemerintah pembangunan infrastruktur yang sudah sampai di Singosari, jadi kami bisa mengembangkan potensi wisatanya,” ungkap Anton Nugroho, selaku owner Ndalemratu kepada tim Men’s Obsession yang juga satu group dengan obsessionnews.com pada saat acara pembukaan Ndalemratu di Singosari Malang.

Dikesempatan yang sama, Soehermin yang merupakan istri Anton mengungkapkan, Kecintaannya yang besar terhadap ilmu sejarah inilah, mereka memiliki keinginan besar untuk kembali menghidupkan sejarah di era milenial ini.

“Saya memang mau kembali ke zaman dulu, itu memang keinginan dari hati. Saya ingin Singosari zaman dulu itu ada lagi. Dan sekarang ada program desa berdaya jadi program pariwisata diberdayakan,” ujar Soehermin.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.