Senin, 23 September 19

Candi Singosari Tempat Wisata Asyik di Malang

Candi Singosari Tempat Wisata Asyik di Malang
* Candi Singosari di Desa Candirenggo Kecamatan Singosari, Malang, Jawa Timur. (Foto: Sutanto/OMG)

Jakarta, Obsessionnews.com – Selain keindahan wisata alam yang terbentang di seantero nusantara, negeri tercinta Indonesia sesungguhnya memiliki kekayaan wisata budaya dan sejarah yang tak kalah menarik. Namun sayangnya, potensi wisata sejarah dan budaya tersebut kurang menarik perhatian para wisatawan, terutama wisatawan lokal yang lebih menyukai wisata kekinian yang instagramable. Padahal wisata sejarah tak hanya menawarkan objek wisata berupa peninggalan-peninggalan masa lalu. Namun lebih dari itu, terdapat sejuta makna dan cerita yang menarik, membawa Anda kembali pada masa lampau.

Jika ingin napak tilas peninggalan sejarah masa lalu, khususnya sejarah peninggalan kerajaan, Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata bersejarah yang tersebar di seluruh Indonesia, terutama di pulau Jawa sebagai salah satu lokasi bersejarah yang terdapat banyak peninggalan kerajaan zaman dahulu.

Perjalanan bisa Anda mulai dari Jawa Timur. Seperti Malang, tepatnya di Singosari, terdapat Candi Singosari peninggalan Kerajaan Singosari yang berjaya pada tahun 1268-1292 Masehi. Berada di Desa Candirenggo Kecamatan Singosari, Malang, Jawa Timur. Candi Singosari merupakan candi Hindu-Buddha peninggalan kerajaan Singosari. Cara pembuatan dari Candi Singosari adalah dengan menggunakan sistem menumpuk batu andesit hingga ketinggian tertentu.

Pada masanya, Candi Singosari merupakan candi yang tertinggi jika dibandingkan dengan candi-candi yang ada di sekelilingnya. Konon, Candi Singosari ditemukan pada tahun 1803 dalam keadaan masih berupa tumpukan batu dan dalam keadaan sebagian bangunan fisik dan candi rusak yang kemudian dipugar pertama kali oleh dinas purbakala Hindia-Belanda pada tahun 1934-1937.

Seiring perkembangan infrastruktur yang terus dibangun, kini mudah sekali mencapai kawasan Singosari, apalagi didukung dengan insfrastruktur jalan tol yang sudah sampai ke Singosari. Dan untuk meningkatkan wisata sejarah di Kawasan Singosari, dan sekitarnya, kini telah tersedia paket perjalanan wisata sejarah yang bisa Anda ikuti. Salah satunya adalah paket wisata sejarah dari Ndalemratu, yang menawarkan perjalanan wisata sejarah ke banyak tempat-tempat bersejarah di kawasan Singosari, Malang, Mojokerto, dan Kediri.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.