Sabtu, 23 November 19

Calon Jemaah Haji Mulai Masuki Asrama Hari Ini

Calon Jemaah Haji Mulai Masuki Asrama Hari Ini
* Ilustrasi jemaah haji Indonesia.

Jakarta, Obsessionnews.comDirektur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama (Kemenag), Ahda Barori, mengatakan jemaah ibadah haji 1437 H/2016 M mulai memasuki asrama hari ini, Senin (8/8/2016). Rencananya besok kloter pertama akan diterbangkan ke Mekah, Arab Saudi, dari masing-masing embarkasi.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) sudah bersiap untuk menerima dan memberangkatkan calon jemaah haji Indonesia. Begitu pula PPIH di Mekkah.

“Insya Allah sudah siap. Hari ini PPIH embarkasi sudah berada di asrama haji masing-masing. Mereka sudah mengadakan rapat koordinasi tentang kesiapan melayani jemaah haji di embarkasi, baik menerima dari daerah masing-masing maupun memberangkatkan ke Tanah Suci,” tutur Ahda seperti dikutip dari laman Kemenag, Senin (8/8).

Ia menjelaskan, Surat Panggilan Masuk Asrama (SPMA) untuk jemaah haji yang akan diberangkatkan esok 9 Agustus sudah dibagikan. Hari ini jemaah haji sudah mulai masuk asrama. Mereka akan berada di asrama selama kurang lebih 24 jam, untuk kemudian diberangkatkan ke Arab Saudi.

Ahda mengatakan, ada sembilan embarkasi dijadwalkan akan memberangkat jemaah kloter pertama pada besok hari, yaitu: embarkasi Padang, Jakarta-Pondok Gede, Batam, Makassar, Jakarta-Bekasi, Surabaya, Medan, Solo dan Banjarmasin.

Sementera itu, tiga embarkasi baru akan memberangkatkan jemaah haji pada tanggal 10 Agustus, yaitu embarkasi Balikpapan, Palembang dan Aceh.

“Embarkasi Lombokbaru akan memberangkatkan pada gelombang kedua, yaitu 23 Agustus nanti,” katanya.

Ahda menambahkan, jemaah haji Indonesia hanya akan diberangkatkan melalui dua maskapai penerbangan, yaitu Garuda Indonesia dan Saudia Airlines.

Maskapai Saudia Airlines hanya akan memberangkatkan jemaah dari Embarkasi Jakarta- Bekasi, Surabaya, Batam, Palembang dan Banjarmasin. Selebihnya, jemaah haji akan diberangkatkan ke Saudi dengan Maskapai Garuda Indonesia.

Pemberangkatan jemaah haji Indonesia juga akan dibagi dalam dua gelombang. Pemberangkatan gelombang pertama, Garuda Indonesia akan membawa 39.881 jemaah dalam 102 kloter. Sedang Saudi Airlines akan memberangkatkan 47.435 jemaah dalam 110 kloter.

Pada pemberangkatan gelombang kedua, Garuda akan mengangkut 39.139 jemaah dari 103 kloter. Sementara Saudia Airlines akan memberangkatkan 30.665 jemaah dalam 69 kloter.

“Estimasi jemaah reguler dan petugas kloter yang akan diberangkatkan pada musim haji tahun ini adalah sebanyak 157.120 dalam 384 kloter,” ujarnya. (mtvn/red/arh)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.