Minggu, 3 Maret 24

Cak Imin Janji akan Kembalikan Kewenangan Sertifikat Halal kepada MUI

Cak Imin Janji akan Kembalikan Kewenangan Sertifikat Halal kepada MUI
* Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, yang akrab dipanggil Cak Imin, saat mendaftar sebagai capres dan cawapres pada Pilpres 2024 di gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (19/10/2023). (Foto: Edwin B/Obsessionnews.com)

Obsessionnews.com – Calon Wakil Presiden nomor urut satu Muhaimin Iskandar yang akrab disapa Cak Imin berjanji akan mengembalikan kewenangan pemberian sertifikasi halal sepenuhnya kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI).

 

Hal ini disampaikan Cak Imin saat berbicara dalam acara Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) MUI di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Jumat malam (1/12/2023).

 

Baca juga: Anies-Cak Imin Diagendakan Kampanye Bersama di Jakarta Hari Ini

 

 

 

“Soal sertifikasi halal, saya setuju kita akan evaluasi total sehingga semuanya tidak tergesa-gesa di dalam mengambil keputusan,” ujar Cak Imin.

 

Ketua Umum PKB itu mengatakan, kewenangan pemberian sertifikasi halal saat ini terpisah antara MUI dan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Menurutnya hal itu perlu dikaji secara mendalam.

 

“Salah satunya kemarin mungkin apa terpisah-pisahnya lembaga fatwa halal ini belum dikaji secara mendalam,” ujarnya.

 

Untuk itu dirinya berjanji akan mengembalikan kewenangan sertifikasi halal kepada MUI demi bisa menjaga independensinya.

 

“Insya Allah kita akan kembalikan ke MUI langsung sertifikasi halal ini sehingga independensinya lebih terjaga, dalam hal ini kita evaluasi apa yang sudah terjadi,” tuturnya.

 

KPU RI pada Senin (13/11/2023) telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

 

Hasil Pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa (14/11) pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

 

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024. (Antara/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.