Selasa, 21 September 21

Cagub Sumbar Tanpa Calon Perseorangan

Cagub Sumbar Tanpa Calon Perseorangan

Padang, Obsessionnews¬†– Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) dari jalur perseorangan yang maju pada pemilihan gubernur 2015 tidak satu pun yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar hingga pendaftaran ditutup Jum’at (12/6) sekitar pukul 16:00 WIB, karena persyaratannya sangat berat.

Ketua KPU Sumbar Amasmen mengatakan, menjelang pemilihan Gubernur Sumbar dilaksanakan 9 Desember 2015, KPU membuka pendaftaran bagi pasangan calon gubernur baik yang diusung partai politik maupun dari jalur perseorangan.

Khusus bagi calon gubernur dari jalur perseorangan, pendaftaran dibuka pada 8 – 12 Juni 2015. Hingga pendaftaran ditutup pukul 16.00 WIB, tidak seorang pun calon gubernur yang mengembalikan formulir, meski terdapat empat orang sempat mengambil formulir pendaftaran dan tiga orang diantaranya sempat konsultasi dengan anggota KPU.

“Dari tiga orang yang melakukan konsultasi diketahui, syarat yang ditetapkan bagi calon perseorangan harus memiliki lebih dari 400 ribu dukungan yang dibuktikan dengan foto copy KTP, terlalu berat untuk dipenuhi,” kata Amnasmen kepada wartawan usai rapat pleno terbuka penutupan pendaftaran bagi calon perseorangan di kantor KPU Sumbar Jalan Pramuka Kota Padang, Jum’at (12/6).

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Elly Yanti mengatakan, apabila KPU memperpanjang pendaftaran melebihi dari waktu yang ditentukan, tidak idibenarkan. Sesuai ketentuan, jika dilaksanakan, akan menyalahi dan akan menjadi temuan Bawaslu, karena dinilai menyalahi aturan. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.