Selasa, 21 September 21

Cabai Bawang Naik, Areal Tanam Diwacanakan Bertambah

Cabai Bawang Naik, Areal Tanam Diwacanakan Bertambah

Jakarta, Obsessionnews – ‪Kementerian Pertanian bakal menambah areal tanam baru guna meningkatkan produksi untuk mencapai ketahanan pangan terutama cabai dan bawang. Hal ini dikatakan Direktur Jenderal Holtikultura Spudnik Sujono pada Kamis (11/6) di Jakarta.

‪”Kita akan fokus pada pada penambahan areal lahan baru, terutama areal-areal yang saat ini belum di garap secara maksimal, guna menopang kebutuhan yang semakin meningkat,” kata dia di Kantornya.

Dalam upaya pemenuhan target tersebut, Sujono bilang strategi yang bakal dilakukan yaitu memanfaatkan lahan tidur, kawasan hutan tanaman industri, hutan tanaman rakyat, lahan HGU, lahan bero, hingga pekarangan rumah.

Sekedar info, hari ini harga bawang merah di Ambon sudah menyentuh Rp 50 ribu per kg. Sedangkan bawang putih berada pada angka Rp 35 ribu.

Harga cabai rawit hijau di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, ada pada angka Rp 14.000 per kg, cabai merah besar Rp 20.000 per kg, yang merah keriting sekitar Rp 19.000 per kg. Sedangkan cabai rawit merah sempat naik Rp3.000, dari Rp15.000 menjadi Rp18.000. Namun sekarang harga ada di posisi Rp 16.000 per kg.

Makanya dalam pelebaran areal tanam yang diwacanakan Kementerian Pertanian seperti dikatakan Spudnik tadi, salah satu perhatian difokuskan pada komoditi bawang dan cabai merah. (Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.