Sabtu, 21 Mei 22

Buzzbike Tawarkan Bersepeda Gratis di London

Buzzbike Tawarkan  Bersepeda Gratis di London

London, Obsessionnews.com – Selain bertujuan mengurangi polusi udara di London, Buzzbike, menawarkan bersepeda gratis di London, sebagai iklan berjalan.

Ini bukan sepeda biasa karena pada sepeda ini dipasang sepatbor yang bertuliskan produk atau layanan yang diiklankan. Seperti dilansir laman BBC Indonesia, Rabu (7/6/2016).

baca juga:

Jokowi Bagikan Sepeda Gratis ke Anak Yatim

Sepeda Listrik Premium Italjet Hadir di IIMS 2016

Walikota Hadiahi Sepeda ke Daffa

 

Jadi intinya, Anda mendapatkan sepeda dengan imbalan harus memakai sepeda ke tempat kerja (atau ke tempat-tempat lain) yang membawa pesan-pesan sponsor atau iklan.

Konsepnya dirancang perusahaan London, Buzzbike, yang melihat potensi yang bisa ditawarkan oleh para pengendara sepeda yang jumlahnya terus naik dari tahun ke tahun.

Mereka yang tertarik dengan skema ini harus mendaftar dan membayar deposit £100 untuk kontrak satu hingga dua tahun. Jangan khawatir, deposit ini nantinya akan dikembalikan.

Syarat kontrak mencakup, antara lain, bersepeda ke kantor minimal 12 hari per bulan dan memarkir sepeda di tepi jalan. Maksudnya jelas, agar pesan sponsor bisa maksimal terekspos.

Tersedia aplikasi khusus yang merekam pemakaian sepeda dan juga memberi insentif kepada pemiliknya.

Sepeda yang ditawarkan didesain oleh Cooper, perusahaan yang juga mendesain mobil Mini yang kebetulan juga salah satu investor Buzzbike.

Rangkanya memakai produk buatan Reynolds dengan sadel merek Brooks. Keduanya termasuk merek terkenal di Inggris. Rodanya antibocor.

“Begitu diterima pemakai, tinggal dipakai saja, sudah lengkap semuanya,” kata Tom Hares, pendiri Buzzbike yang juga adalah mantan kepala bagian iklan Apple.

Ia menjelaskan untuk tahap ini pihaknya selektif penerima calon pemilik sepeda.

“Pertimbangan utama kami adalah alamat pendaftar dan lokasi kantor mereka. Dua hal ini menjadi dasar kami untuk menyesuaikan iklan apa yang cocok dipasang di sepeda mereka,” jelas Hares.

Hal lain yang ada di benak Hares adalah ia ingin ada interaksi aktif antara para pemakai sepeda dan produk atau layanan yang diiklankan.

Itu artinya akan ada berbagai tawaran khusus kepada komunitas pesepeda urban ini, misalnya tawaran kopi gratis atau diskon pembelian produk-produk tertentu.

Untuk mendorong para pemilik memakai sepeda mereka, sudah dibuat aplikasi yang memberi ‘stiker penghargaan’ misalnya stiker bersepeda lima hari berturut-turut dan stiker cuaca (tetap bersepeda meski sedang hujan).

Ada beacon bluetooth di setiap sepeda yang memungkinkan orang-orang yang berada di sekitar sepeda menerima aneka tawaran yang mungkin berguna atau diperlukan.

Syaratnya, orang-orang ini harus punya app di ponsel atau tablet sehingga dimungkinkan komunikasi interaktif antara beacon dan para pemilik ponsel.

Masih terlalu dini untuk mengetahui apakah model iklan seperti ini akan berhasil. Yang pasti, Buzzbike telah berhasil mengurangi polusi udara dan membuat warga London lebih sehat dengan mengayuh sepeda ke tempat kerja.

Semoga saja di Jakarta dan kota-kota besar di Indonesia, ada yang meniru bisnis unik bergaya hidup sehat dan ramah lingkungan ini. Amien. @reza_indrayana

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.