Sabtu, 2 Juli 22

Buwas Kecewa dengan Kebijakan Impor Pemerintah

Buwas Kecewa dengan Kebijakan Impor Pemerintah
* Direktur Utama Bulog Budi Waseso. (Foto Twitter @PerumBULOG).

Bogor, Obsessionnews.com – Kebijakan impor pangan yang dilakukan Menteri Perdagangan Enggartiasto menimbulkan kontroversi di masyarakat. Banyak yang tak sependapat dengan kebijakan itu. Selain mantan Menteri Perekonomian Rizal Ramli, Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso juga tak sependapat. Impor yang dilakukan pemerintah dinilai sudah berlebihan.

Buwas, sapaan akrabnya, mengaku miris dengan impor pangan yang terus dilakukan pemerintah. Menurutnya, impor pangan merupakan hal ironis lantaran Indonesia merupakan negeri yang agraris.

“Republik Indonesia ini seharusnya negara agraris, tapi kita justru malah impor bahan pertanian atau pangan. Ini kan ironis,” ujar Buwas dengan nada kecewa saat meresmikan Politeknik Pertanian Pembanggunan di Bogor, Jawa Barat, Selasa (18/9/2018).

Buwas yang mengaku sebagai orang yang anti impor pangan mengaku curiga dengan kebijakan tersebut. Dia kemudian membandingkan Indonesia dengan Tiongkok yang tidak memiliki basis pertanian tapi memiliki ketahanan pangan yang baik. Mestinya Indonesia kata dia, bisa melakukan itu.

Menurutnya, ketahanan pangan di Tiongkok bisa mencapai 10 tahun, padahal hanya bisa menanam sekali dalam setahun. Sementara Indonesia yang memiliki masa tanam dua hingga tiga kali setahun tidak memiliki ketahanan pangan. Indonesia bahkan mengandalkan impor dalam memeuhi kebutuhan mendasar tersebut.

“Kenapa kita kalah sama Tiongkok? Ini pasti ada yang salah,” sambungnya.

Mantan Kabareskrim Polri itu meyakini ada yang salah dengan impor tersebut. Apalagi, banyak beras impor di gudang Bulog yang tidak digunakan sama sekali.

“Bahkan ada yang sudah turun mutu. Terus kalau kita harus impor itu untuk apa?” tanyanya yan mencoba mencari tahu akar masalah impor tersebut. (Albar)

 

Baca juga:

Buwas, Bulog dan Tantangan Melawan Kartel

Buwas Musnahkan Sabu Hasil Selundupan Oknum Polisi

Impor Pangan dan Jebakan Presidential Threshold

Indonesia Masih Terjerat Ketergantungan Impor Pangan

Pemerintah Buka Peluang Impor Pangan Selain Daging

Kebijakan Kuota Impor Pangan Dinilai Rawan Praktik Rente

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.