Senin, 18 Oktober 21

Busyro Muqoddas Yakin Dahnil Tidak Melakukan Korupsi

Busyro Muqoddas Yakin Dahnil Tidak Melakukan Korupsi
* Mantan pimpinan KPK Busyro Muqoddas. (Foto istimewa)

Jakarta, Obsessionnews.com – Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Busyro Muqoddas mengaku cukup kenal dengan Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak. Ia yakin Dahnil bukan orang yang bermental koruptor.

Pernyataan Busyro ini sekaligus menanggapi perkara dana Kemah Pemuda yang digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga. Dahnil Anzar telah menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya.

“Dahnil orang yang mandiri, perekonomiannya kuat, artinya tak ada potensi ke arah sana (korupsi),” ujar Busyro di sela-sela Muktamar Pemuda Muhammadiyah, Selasa (27/11/2018).

Busyro sering kali dalam berbagai kesempatan menyampaikan, indikasi korupsi pertama bisa dilihat ketika gaya hidup seseorang pejabat tidak sesuai dengan profil pekerjaan yang dimiliki.

Termasuk dalam ceramah di Muktamar Pemuda Muhammadiyah di Yogya itu, Busyro menuturkan pejabat yang berpotensi korupsi saat memimpin ketika dalam masa pemilihan kepala daerah rela mengeluarkan biaya miliaran rupiah demi terpilih.

Padahal gaji sebagai kapala daerah tak mungkin untuk mengembalikan modal tersebut sehingga pada akhirnya setelah terpilih banyak memainkan proyek dengan cukong politik yang membiayai pencalonannya.

Busyro sendiri berharap dalam kasus dana kemah yang menyeret Ketum PP Pemuda Muhammadiyah, polisi bisa sistematis dan mengedepankan skala prioritas dalam penanganannya.

“Saya cuma khawatir jika tidak sistematis dan mengedepankan prioritas, polisi dituduh cuma jadi alat kekuasaan, apalagi penanganannya bersamaan agenda Muktamar Pemuda Muhammadiyah,” ujarnya.

Dahnil Anzar sebelumnya mengaku dalam kasus ini pihaknya seperti dikerjai oleh polisi. Alasannya dalam acara Kemah Pemuda itu pihak Pemuda Muhammadiyah hanya bertugas memobilisasi massa agar hadir dalam acara yang digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga itu. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.