Sabtu, 23 Oktober 21

Burung Kecil yang Mempertemukan Banyak Orang

Burung Kecil yang Mempertemukan Banyak Orang
* Jack Dorsey,sang penemu Twitter.

Media sosial Twitter yang berlambang burung kecil mempertemukan banyak orang di seluruh dunia.

Jack Dorsey lahir di St Louris, Missouri. Tepatnya pada tanggal 19 November 1976. Setelah kuliah di University of Missouri, New York, ia pindah ke California. Ketika itu sedang marak pesan singkat. Ia mendapat ide untuk membuat situs yang bisa menyampaikan pesan singkat dengan cara berbeda. Dorsey memikirkan cara agar semua orang dapat berbagi cerita tanpa harus menulis di blog. Media sosial yang berlambang burung dan identik dengan warna biru ini dibuat oleh Jack Dorsey pada Maret 2006.

Logo baru Twitter
Logo baru Twitter

Saat ia bekerja di sebuah perusahaan web, ia terus mengembangkan idenya. Ia berpikir apakah pesan singkat seperti SMS bisa dilakukan di internet. Ide cemerlangnya mendapat sambutan baik dari Evan Wiliam, seorang eksekutif Google. Evan menyediakan dana untuk membuat sebuah perusahaan yang akan meujudkan ide Dorsey tesebut. Akhirnya pada Agustus 2006 terbentuklah Twitter. Kala itu Twitter terbentuk seperti blog, namun dengan ukuran mini. Mereka menyebutnya microblogging.

Saat awal terbentuk, postingan yang bisa ditulis hanya 140 karakter. Itu sebabnya situs ini disebut mini. Postingan yang dilakukan di Twitter disebut kicauan. Data pengguna Twitter di Indonesia pada tahun 2013 sudah mencapai angka 63 juta pengguna aktif. Sedangkan untuk survei global pada tahun 2014 sudah menyentuh angka 284 juta pengguna aktif. Menurut data terbaru, pengguna Twitter di Indonesia ada 19,5 juta penguna aktif dari total 500 juta pengguna global. Dari angka 500 juta ini, 200 penggunanya merupakan pengguna akitf. Media social yang memiliki lambing burung ini telah berhasil mempertemukan banyak orang. Bahkan, dari belahan dunia yang berbeda-beda.

Logo lama Twitter.
Logo lama Twitter.

Dengan jumlah pengguna yang cukup tinggi, Twitter mampu menghasilkan keuntungan sangat tinggi, yakni menyentuh angka USD 145 juta. Namun, tahukan Anda, sejak dibuka tahun 2006, hingga tiga tahun setelahnya, Twitter tidak pernah mendapatkan keuntungan satu sen pun. Setiap harinya, para pengguna Twitter mengirimkan lebih dari 340 juta kicauan. Twitter menangangi lebih dari 1,6 permintaan setiap harinya.

Ada sebuah survei yang mengatakan, bahwa jika kita mengibaratkan Twitter sebagai sebuah negara, maka Twitter akan menjadi negara yang berada di urutan ke-12, dengan penduduk terbanyak. Namun, ternyata traffic terbesar dari pengguna Twitter bukanlah dari situs www.Twitter.com , tapi dari beberapa aplikasi lain, seperti ubertwitter, tweetdeck, seismic, dan masih banyak lagi. Mereka inilah yang bahkan berperan lebih dari 75 persen dari keseluruhan traffic.

Orang yang dijuluki sebagai ratu Twitter ialah Lady Gaga dengan akun twitter @ladygaga, yang memiliki jumlah pengikut hingga 8,78 juta orang. Di posisi kedua ada Justin Bieber dengan akun Twitter (@justinbieber). Penyanyi muda ini memiliki jumlah pengikut sebanyak 8,13 juta orang yang menjadi pengikutnya.

Nah di antara jejeran para tokoh yang eksis di dunia Twitter ada Presiden Amerika Serikat Barack Obama yang memiliki akun (@barackobama). Obama menjadi politisi paling populer dengan jumlah pengikut hingga 6,97 juta orang lho.

Twitter pernah membuat sebuah rekor ketika ajang Piala Dunia FIFA tahun 2010. Ketika itu pengguna Twitter membuat 2.940 kicauan per detik. Ini terjadi ketika pertandingan Jepang melawan Kamerun pada 14 Juni 2010. Rekor ini dipecahkan ketika Los Angels Lakers menang dalam Final NBA 2010. Kala itu pengguna aktif Twitter membuat kicauan hingga 3.085 postingan kicauan yang di update setiap dektiknya. Kicauan ini terus membuat rekor dengan semakin banyaknya pengguna Twitter. Namun, rekor terbesar terjadi ketika penyangi legendaris ‘King Of Pop’, Michael Jackson wafat. Server Twitter bahkan sempat jebol. Hal ini karena puluhan juta pengguna Twitter memperbaharui status kicauannya, sekitar 100.00 setiap jamnya.

Pada tanggal 5 Juni 2012 logo Twitter dimodifikasi. Modifikasi yang dilakukan ialah menghapus teks ‘twitter’, sehingga yang ada hanya lambang burung sebagai lambang Twitter. Lalu tak lama berselang, tepatnya 18 Desember 2012, Twitter mengumumkan bahwa mereka telah memiliki 200 juta pengguna aktif per bulannya. Perbaharuan terbaru yakni, peluncuran aplikasi ‘Twitter Music for iPhone’ pada 18 April 2013 lalu. (Indah Kurniasih, mahasiswa semester VI PoliMedia, saat ini magang di Obsession Media Group)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.