Sabtu, 14 Desember 19

Bursa Berjangka Jakarta MoU dengan Bursa Taiwan

Bursa Berjangka Jakarta  MoU dengan Bursa Taiwan

Jakarta  – Futures Exchange (JFX)/Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) bekerjasama dengan Taiwan Futures Exchange (TAIFEX) lewat Memorandum of Understanding (MOU) di bidang pengembangan produk, inisiatif bisnis & pemasaran, teknologi, dan juga di bidang kepentingan bersama pasar derivative Indonesia dan Taiwan.

Kerjasama dengan bursa asing ini merupakan potensi bagi bursa komoditi Indonesia khususnya Jakarta Futures Exchange (JFX) untuk menjadi salah satu pemain di pasar komoditi global karena Indonesia memiliki sumber komoditi yang sangat besar. Dan dalam kerjasama ini Bursa Berjangka Jakarta menawarkan produk komoditi berjangka  seperti  emas, olein, kakao, kopi dan komoditas lainnya sedangkan TAIFEX menawarkan produk saham dan turunan produk komoditi.

Bagi JFX, kerjasama ini merupakan tonggak yang baru dalam kerjasama bilateral pada bursa global , demikian juga TAIFEX pertama kalinya sejak berdiri 17 tahun yang lalu kerjasama dengan bursa gobal apalagi dengan bursa komoditi di Indonesia. Penanda tanganan MOU tersebut dilakukan oleh Sherman Rana Krishna Direktur Utama JFX dan juga Peter Chiu sebagai President of TAIFEX.

Sebagai informasi, TAIFEX yang didirikan pada tahun 1997 merupakan bursa derivatif pertama dan satu-satunya di Taiwan dengan menyediakan berbagai macam produk, termasuk stock index futures and options, single stock futures and options, interest rate futures and commodity futures and options.

Sedangkan JFX, atau yang juga dikenal sebagai PT Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) resmi didirikan pada 19 Agustus 1999 di Jakarta oleh 29 Perusahaan Perseroan Terbatas (PT), yang sebagian besar merupakan perusahaan yang memproduksi dan memproses komoditi (Olein, Emas, Kakao dan Kopi) dan merupakan bursa derivatif pertama di Indonesia.

Dalam menghadapi tantangan dari perubahan pasar global, kolaborasi antara kedua bursa menjadi sangat penting ujar Peter Chiu dalam sambutannya, yang nantinya setiap bursa saling  memanfaatkan keunikan setiap bursa dan  akan memfasilitasi pengaturan lintas batas yang akan menguntungkan kedua bursa dan melayani pasar dengan lebih baik.

Related posts