Kamis, 25 April 19

Bupati Purwakarta Bangga Google Tampilkan Wayang Golek Sunda

Bupati Purwakarta Bangga Google Tampilkan Wayang Golek Sunda
* Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.

Jakarta,  Obsessionnews.com – Wow, luar biasa! Wayang Cepot dan Semar serta almarhum dalang Asep Sunandar Sunarya, yang ditampilkan sebagai doodle atau logo di mesin pencari Google sejak Sabtu (3/9/2016) pagi hingga malam ini masih bertahan di peringkat atas trending topic di Indonesia.

Gambar wayang golek Cepot , Semar, dan Asep Sunandar menjadi doodle di situs pencarian Google, Sabtu (3/9/2016).
Gambar wayang golek Cepot , Semar, dan Asep Sunandar menjadi doodle di situs pencarian Google, Sabtu (3/9/2016).

Pantauan Obsessionnews.com hingga pukul 19.50 WIB berita tersebut paling banyak dicari, yakni sebanyak lebih dari sejuta kali. Mengalahkan berita perampokan di Pondok Indah, Jakarta Selatan, yang dicari sebanyak 50.000 kali, dan berita Arema Vs Madura yang dicari sebanyak 20.000 kali.

Google mempersembahkan doodle Semar, Cepot  dan Asep untuk memperingati hari ulang tahun Asep Sunandar Sunarya, yang semasa hidupnya dikenal sebagai maestro dalang wayang golek di Indonesia.

Asep Sunandar
Asep Sunandar

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi  merasa bangga Google menampilkan wayang golek Sunda dan Asep tersebut. Untuk itu dia  mengucapkan terima kasih kepada Google.

“Ini bentuk apresiasi terhadap khasanah tradisi wayang golek Sunda. Nuhun (terima kasih) mbah Google,” ujar Dedi saat dihubungi, Sabtu.

Dedi yang juga Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat mengungkapkan,  hingga saat ini ini belum ada yang bisa menggantikan kemampuan mendalang Asep dalam mendalang. Dia edi menilai Asep merupakan seorang berkualifikasi profesor, tetapi mampu membawakan nilai-nilai ketuhanan dengan bahasa kebudayaan yang dipahami oleh orang awam.

Menurut Dedi, Asep sering menerjemahkan istilah-istilah sulit di bidang akademik dengan cara yang mengundang gelak tawa. (@arif_rhakim)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.