Minggu, 28 November 21

Bupati Kebumen Tetapkan 30 Hari Masa Tanggap Darurat

Bupati Kebumen Tetapkan 30 Hari Masa Tanggap Darurat

Semarang, Obsessionnews – Menanggapi dampak banjir dan longsor yang melanda Kabupaten Kebumen, pemerintah setempat kini menetapkan masa tanggap darurat selama 15 hari. Penetapan masa tanggap darurat dimulai pada 19 Juni hingga 3 Juli 2016.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan selama masa tanggap darutat, Komandan Kodim 0709 ditunjuk oleh Bupati Kebumen sebagai Komandan Tanggap Darurat.

Soal penyebab banjir dan longsor, Sutopo mengatakan jika hujan lebat yang terjadi di wilayah tersebut sejak pukul 15.00 sampai 24.00 pada 18 Juni membuat kondisi tanah menjadi labil

“Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini cuaca untuk periode 20 – 22 Juni 2016. Peringatan BMKG menyebutkan bahwa beberapa wilayah berpotensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang atau puting beliung,” kata dia, dalam rilisnya Senin (20/6/2016) malam.

Wilayah yang berpotensi antara lain Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang Bekasi, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur. Banjir dan longsor juga berdampak pada korban meninggal dan hilang di Kabupaten Kebumen.

Data BPBD Kebumen menyebutkan bahwa 2 orang meninggal dan 6 orang hilang. Di samping itu, puluhan rumah rusak dan ratusan lain terendam banjir, sedangkan 4 jembatan rusak di lokasi yang berbeda. Pihaknya menghimbau agar masyarakat tetap waspada atas banjir dan longsor susulan sebab curah hujan masih tinggi pada hari-hari ke depan.

“Terus meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan mengantisipasi potensi banjir dan longsor karena potensi curah hujan yang tinggi,” tandasnya. (ihy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.