Minggu, 26 September 21

Bupati Kebumen Resmikan Program Desa Melek Internet di Kecamatan Alian

Bupati Kebumen Resmikan Program Desa Melek Internet di Kecamatan Alian
* Peresmian Desa Melek Internet di Kecamatan Alian. (Foto: Humas Kebumen)

Kebumen, Obsessionnews.com -Implementasi Program 100 Hari Kerja Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih sudah berjalan di berbagai tempat. Kali ini implementasi dari program itu dilaksanakan di Kecamatan Alian.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dalam pertemuan dengan kepala desa se Kecamatan Alian di Kantor Kecamatan meresmikan salah satu program 100 hari kerja, yakni Desa Melek Internet atau Desmili dan Go Layanan Administrasi Kependudukan atau Golak.

Arif mengatakan, Desmili adalah salah satu program unggulan yang ia usung saat kampanye dalam Pilkada 2020 lalu. Sebab, untuk saat ini pembangun sebuah desa harus dikuatkan dengan tekonologi informasi. Karena itu, desa harus dikuatkan dengan pasokan internet yang cepat dan lancar.

“Problem desa saat ini, terutama di desa-desa yang jauh dari kota adalah akses teknologi masih sangat lemah. Ini karena ketersedian internet masih kurang. Padahal syarat pembangunan desa, masyarakatnya harus didukung dengan penguatan internet,” ucap Arif di Kecamatan Alian, Selasa (23/3).

Di zaman yang sudah modern saat ini, mau tidak mau masyarakat harus adaptif dengan kemajuan teknologi. Teknologi informasi ini bukan hanya bisa mendorong peningkatan ekonomi masyarakat, tapi juga bisa memudahkan layanan pemerintah untuk masyarakat.

“Banyangkan sekarang hampir semua sektor bisnis UMKM dijual secara online. Kalau pengusaan teknologi kita lemah, pasti kita akan ketinggalan. Jadi ini sangat penting, pemerintah akan membantu masyarakat dalam penguatan internet, biar lancar,” jelas Arif.

Program ini kata Arif, juga akan dilaraskan dengan Program Golak. Dimana pemerintah akan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam layanan pembuatan e-KTP. Ke depan, masyarakat tidak perlu datang ke kota untuk membuat e-KTP karena pemerintah akan jemput bola.

“Jadi kita menyiapkan bus atau mobil untuk pembuatan e-KTP di desa-desa. Jadi masyarakat yang jauh dari kota tidak perlu cape-cape datang ke Kebumen, karena kita akan jemput bola memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Alian Sugito menambakan, Desmili ini adalah bisa juga disebut dengan Desa Online. Untuk memudahkan layanan masyarakat, dan keterbukaan informasi, Desa diwajibkan untuk membuat website, dan juga media sosial, baik itu Facebook, Instagram, dan Youtube.

“Desa di Kecamatan Alian sekarang sudah sudah membuat website. Kita ingin semua desa di sini terbiasa menggunakan teknologi digital untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, karena teknologi ini sangat memudahkan kita dalam bekerja,” tambah Sugito.

Bukan hanya itu, ke depan, desa-desa di Kecamatan Alian akan membuat Rumah Internet yang menyediakan layanan internet gratis di sejumlah titik. Nanti warga yang merasa kesulitan internet bisa mendatangi rumah internet yang sudah disediakan masing-masing desa gratis, dan akses yang cepat.

“Dalam rangka mendukung Desmili kita juga akan mendorong desa agar bisa menyediakan layanan internet gratis di sejumlah titik. Tepatnya akan disediakan kaya semacam rumah internet. Program ini bisa dilaksanakan desa dengan menggunakan anggaran desa,” ucapnya.

Kecamatan Alian, kata Gito, siap untuk mendukung program bupati dan wakil bupati Kebumen, dalam memberikan layanan masyarakat, pihaknya sudah punya misi memberikan pelayanan ramah, pelayanan yang efisien, dan efektif, serta pelayanan tepat waktu.

“Saya rasa misi ini juga selaras dengan program Pak Bupati dalam hal penataan birokrasi melalui Golak. Kita pun akan melakukan hal yang sama, pelayanan yang baik, ramah dan cepat menjadi tugas kita yang wajib dilaksanakan,” jelas Gito.

Alian termasuk kecamatan potensial untuk dikembangkan, di sini terdapat wisata yang fenomenal yakni pemandian air panas, Krakal, alam pegunungan di Alian juga cukup indah. Termasuk dari sisi seni dan kebudayaan, serta sektor pertaniannya.

Peresmian program Desmili dan Golak di Kecamatan Alian juga dihadiri oleh Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiono, Kepala Dinas Kominfo Cokro Aminoto, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kebumen Maskhemi, dan Kepala Dispermades Frans Haidar. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.