Senin, 23 Mei 22

Bupati Kebumen Diduga Gunakan PT Tradha untuk Beli Mobil Mewah

Bupati Kebumen Diduga Gunakan PT Tradha untuk Beli Mobil Mewah
* Juru Bicara KPK Febri Diansyah memberikan keterangan pers kepada wartawan.

Jakarta, Obsessionnews.com – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berhasil mengungkap akal jahat yang dilakukan Muhammad Yahya Fuad. 

Fuad menjadi tersangka karena diduga menerima suap dan gratifikasi terkait sejumlah proyek yang menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2016.

Bupati nonaktif Kebumen, Jawa Tengah,  ini diduga tidak hanya menggunakan PT Tradha untuk menampung dan menyamarkan uang suap. Ia juga menggunakan perusahaan itu untuk menyamarkan pembelian mobil mewah.

“Sejumlah uang dari fee proyek yang dimasukkan ke PT Tradha diduga juga digunakan untuk membayar cicilan mobil Rubicon dan Alphard dan pembelian tanah,” ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Sabtu (19/5/2018).

Sebelumnya, KPK telah menetapkan PT Tradha sebagai tersangka dalam dugaan tindak pidana pencucian uang. Kasus ini merupakan hasil pengembangan penyidikan dari kasus Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad.

KPK menemukan fakta-fakta dugaan Fuad sebagai pengendali PT Tradha, baik secara langsung maupun tidak Iangsung.

Fuad diduga dengan sengaja turut serta dalam pengadaan proyek di Pemerintahan Kabupaten Kebumen.

Bupati Kebumen periode 2016-2022, nonaktif itu telah ditahan KPK sejak Senin malam, 19 Februari 2018. Namun KPK memperpanjang penahanan yang bersangkutan karena berkas penyidikan belum lengkap. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.