Minggu, 28 November 21

Bupati Harus Paham, Keterbukaan Informasi Amanah UU

Bupati Harus Paham, Keterbukaan Informasi Amanah UU

Sijunjung, Obsessionnews.com – Banyak kasus korupsi yang melibatkan kepala daerah atau pejabat di institusi pemerintah berawal dari ketakterbukaan informasi publik.

“Bupati harus paham keterbukaan informasi publik karena ini amanah UU 14 tahun 2004,” ujar Ketua Komisi Informasi Sumbar Syamsu Rizal saat visitasi badan publik Pemkab Sijunjung, sebagaimana rilis yang diterima obsessionnews.com, Kamis (30/6).

Era keterbukaan informasi publik tengah berlangsung dan tidak bisa sekedar lips service tapi harus diaktualisasikan.

“Pemberantasan korupsi yang terus getol dilakukan KPK pencegahan dininya adalah keterbukaan. Buka saja perencanaan, program dan biaya pembangunan ke masyarakat karena itu informasi publik kategori wajib, kalau sudah diketahui publik maka tidak akan terjadi mark-up, kongkalingkong bahkan suap yang bisa berujung kepada operasi tangkap tangan seperti kemarin dilakukan KPK,” ujar Syamsu Rizal dihadapan PPID Utama Pemkab Sijunjung Ruswan.

Wakil Bupati Sijunjung Arrival Boy saat menerima Komisi Informasi di ruang kerjanya, mengakui pihaknya sangat berkompeten sekali melaksanakan UU.

“Beberapa waktu lalu saya kumpulkan publik relation satuan kerja untuk memahami bahwa informasi satuan kerjanya harus dibuka, tidak mesti di koran, manfaatkan juga media sosial yang banyak,” ujar Boy.

Syamsu Rizal  KI-

Bahkan keinginan Arrival Boy adanya informasi dan dokumentasi satuan kerja menimbulkan interaksi dengan masyarakat.

“Itu yang kami inginkan sehingga ada penjelasan apa yang dilakukan pemerintah untuk masyarakatnya, ada foto jalan rusak disebar warga, kasih tahu oleh PU apa yangbtengah dilakukan,” ujar Boy.

Senada dengan Arrival Boy, PPID Utama Pemkab Sijunjung menyatakan terus melakukan update keterbukaan informasi publik, apalagi kepala daerah dan wakilnya sangat paham urgensi keterbukaan informasi publik.

“Kendala melakukan sinergisitas semua pejabat perangkat daerah, kalau pak bupati dan pak wakil sangat memahami bahkan perintah pak wabup semua satuan kerja harus punya facebook sebagai media penyebar informasi dan dokumentasi yang mudah diakses publik,” ujar Ruswan.

Syamsu Rizal sangat mengapresiasi semangat keterbukaan informasi publik dari wakil bupati Sijunjung.

“Tentu kita berharap kepala daerah memback-up kerja PPID Utama dan Pembantu di tingkat satuan kerja baik sumber daya manusianya, fasilitas maupun anggarannya,” ujar Syamsu. (Musthafa Ritonga/@alisakinah73)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.