Minggu, 26 Juni 22

Bupati Bojonegoro Resmikan Petroleum Geo-Heritage Satu-Satunya di Dunia

Bupati Bojonegoro Resmikan Petroleum Geo-Heritage Satu-Satunya di Dunia
* Kang Yoto bersama pejabat terkait saat peresmian Petroleum Geo-Heritage ‘Teksas’ Wonocolo, Rabu (27/4/2016).

Bojonegoro, Obsessionnews – Rencana pemerintah untuk memiliki desa wisata edukasi berbasis migas, akhirnya terlaksana. Hari ini, Rabu (27/4/2016), Bupati Bojonegoro Suyoto meresmikan Petroleum Geo-Heritage ‘Teksas’ Wonocolo yang terletak di kawasan penambangan minyak tradisional sumur tua di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro. Sumur tua tersebut merupakan peninggalan kolonial Belanda.

Menurut Kang Yoto, sapaan akrab Suyoto, ‘Teksas’ merupakan singkatan dari Tekadnya Selalu Aman dan Sejahtera. Nama ‘Teksas’, imbuhnya, telah disampaikan kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said.

Peresmian dilakukan di lokasi Sumur D 138 dan dihadiri oleh Presiden Direktur Pertamina EP Rudy Gunawan, Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Amin Sunaryadi, ADM KPH Cepu Andro Kusdjianto, Kapolres Bojonegoro AKBP Hendri Fiuser, Dandim Bojonegoro 0813, Ketua DPRD Bojonegoro Mitroatin, Brigjen Pol Yanto Tarah, Brigjen TNI Wardiyono, dan sejumlah jajaran SKPD terkait.

“Kita bisa menjual apa saja di sini. Kalau kemarin kita menjual tenaga untuk mengambil minyak, saat ini kita bisa menjual destinasi wisata dan juga senyuman untuk wisatawan,” ujar Suyoto dalam sambutannya.

Kang Yoto menambahkan, Petroleum Geo-Heritage ‘Teksas’ Wonocolo merupakan destinasi wisata yang unik dan hanya satu-satunya di dunia. Di tempat ini para wisatawan dapat belajar tentang energi terbarukan, dimana terdapat panas bumi yang bisa diolah menjadi geotermal.

“Belajar energi terbarukan dan tidak terbarukan itu bisa di Bojonegoro. Pengolahan secara lengkap juga ada di Bojonegoro, baik yang modern ataupun tradisional. Apalagi, Wonocolo juga punya kawasan untuk menguji adrenalin,” jelasnya.

Sementara itu Presiden Direktur Pertamina EP Rudy Gunawan mengingatkan, minyak yang diproduksi di sumur tua ini pada akhirnya akan habis. Oleh karenanya Desa Wisata Teksas ini adalah solusi untuk masyarakat di Wonocolo, setelah kegiatan penambangan minyak selesai maka masyarakat bisa mengelola Desa Wisata Teksas Wonocolo ini.

“Utamanya masyarakat yang akan mengelola Teksas Wonocolo ini nanti,” kata Rudy. (Fath @imam_fath)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.