Senin, 8 Maret 21

Bupati Bogor Bakal Kembangkan Wisata di Pedesaan

Bupati Bogor Bakal Kembangkan Wisata di Pedesaan
* Bupati Bogor Ade Yasin. (Foto: Humas Pemkab Bogor)

Jakarta, obsessionnews.comSektor pariwisata di Kabupaten Bogor menjadi andalan karena beberapa hal, yakni menjadi penyumbang devisa negara terbesar kedua. Untuk itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor selalu mempromosikan daerah atau tempat pariwisata di Bogor.

Bupati Bogor Ade Yasin mengaku selalu mempromosikan Sport and Tourism, sebuah program unggulan Pemkab Bogor yang ditetapkan Dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2018-2023.

Menurut perempuan kelahiran Bogor, 29 Mei 1968 ini, pendapatan Asli Daerah (PAD) di sektor pariwisata cukup besar dan mempunyai prospek yang sangat baik ke depannya.

“Saya dan jajaran terus mem-branding Kabupaten Bogor Sport Tourism. Saya optimis dengan potensi wisata dan fasilitas olahraga yang kami miliki, program tersebut dapat kami capai,” tegas Ade dikutip dari majalah Men’s Obsession, Senin (25/1/2021).

Branding Sport Tourism ini, berdasarkan potensi dan prestasi yang Kabupaten Bogor miliki, di antaranya 11 lapangan golf bertaraf internasional, Stadion Pakansari dengan desain arsitek terbaik ke-14 di dunia, Sirkuit Sentul, Wisata Paralayang, dan Geopark Pongkor. Ade mengimbuhkan, pihaknya juga akan mengembangkan wisata di pedesaan dengan mengadakan festival desa.

Dia mengatakan, untuk mengembangkan wisata di desa-desa maka butuh dukungan infrastruktur jalan dan jembatan yang baik. Oleh karena itu pihaknya akan melanjutkan pembangunan Jalan Puncak II, Jalan Lingkar Dramaga, Jalan Bojonggede-Kemang, Jalan Lingkar Kebun Raya Cibinong, dan lainnya untuk mengurai titik-titik kemacetan.

“Kami juga akan menggelar secara rutin Festival Desa sebagai bagian dari promosi keunggulan 416 desa yang kami miliki,” ucap Ade.

Tagline Sport yang diusung pun memiliki program menarik, seperti meningkatkan prestasi olahraga, memasyarakatkan olahraga melalui Gerakan Bogor Sehat Senam Pancakarsa, dan Jum’at Sehat.

“Kami juga akan menambah venue-venue olahraga dan sport center, menambah fasilitas olahraga di tempat umum, dan membangun replika Cabang Olahraga sebagai identitas,” terang Ade.

Untuk mendukung program Sport Tourism, Pemkab Bogor juga berfokus pada peningkatan destinasi pariwisata (Green Tourism/Ecotourism), mengoptimalkan Komunitas Masyarakat Sadar Wisata (Kelompok Sadar Wisata), kemitraan UMKM dengan pengelola pariwisata dan perhotelan, peningkatan sarana penunjang (land mark, letter sign, jalur pedestrian).

Kemudian penguatan kemitraan pemangku kepentingan kepariwisataan, perhotelan, restoran, transportasi, dan agensi pariwisata, mendorong keterlibatan semua komponen untuk mempromosikan potensi pariwisata dengan mengoptimalkan media sosial dan memasang potensi pariwisata Kabupaten Bogor di kantor-kantor pemerintah dan swasta.

“Melakukan optimalisasi promosi media sosial, paket wisata, dan penyelenggaraan beragam kegiatan berskala nasional dan internasional. Lalu, peningkatan kualitas pelayanan melalui penerapan standar dan uji kompetensi sesuai ISO. Dan, tak kalah penting mengoptimalkan Saber Pungli dan Inovasi berkelanjutan,” pungkas Ade. (Gia/MO/Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.