Rabu, 12 Desember 18

Mandiri Kurangi 40% Saham MAGI

Mandiri Kurangi 40% Saham MAGI
* Gedung Bank Mandiri.

Jakarta, Obsessionnews.comPT Bank Mandiri Tbk (BMRI) mengurangi kepemilikan sahamnya atas PT Mandiri AXA General Insurance (MAGI) dari sebelumnya kepemilikan sebesar 60% menjadi sebesar 20% saja. Pengurangan kepemilikan ini dilakukan dengan menjual sebagian sahamnya kepada AXA Asia.

Direktur Treasury and International Banking Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengakui, pihaknya memilih mengurangi kepemilikan saham di MAGI menjadi 20%. Namun perseroan belum bersedia menyebutkan nilai transaksinya, hanya saja penjualan 40% saham MAGI kepada AXA Financial tidak lebih dari 20% total ekuitas Bank Mandiri berdasarkan laporan keuangan tahun 2017.

Menilik laporan keuangan Bank Mandiri pada akhir 2017, total ekuitas perseroan mencapai Rp 170,01 triliun, dan 20% dari ekuitas tersebut setara dengan Rp 34 triliun. “Tidak sebanyak itu (nilai transaksinya). Penjualan 40% saham MAGI, sesuai dengan dokumen yang disampaikan di keterbukaan informasi,” ujar Darmawan.

Melalui keterangan resmi yang disampaikan pada Jumat (23/11/2018) pekan lalu, manajemen Bank Mandiri mengaku telah menandatangani penandatangan akta pengalihan 276.000 unit saham MAGI kepada AXA Asia. Jika sebelumnya, perseroan menggenggam 60% atau ekuivalen 414.000 unit saham di MAGI, selepas syarat transaksi saham terpenuhi, kepemilikan Bank Mandiri di MAGI menyusut menjadi 20%.

Meski demikian, perusahaan menyatakan tetap menjadi pemegang saham pengendali di asuransi tersebut.

MAGI merupakan perusahaan patungan (joint venture/JV) antara Bank Mandiri dengan AXA Societe Anonyme yang dimiliki sejak 2011 silam. Sebelumnya perusahaan ini bernama PT Maskapai Asuransi Dharma Bangsa.

Asuransi kerugian ini bukan satu-satunya bisnis asuransi yang dimiliki Bank Mandiri. Selanjutnya, salah satu bank milik pemerintah ini juga memiliki asuransi jiwa PT Asuransi Jiwa InHealth Indonesia yang merupakan milik bersama dengan PT Kimia Farma Tbk (KAEF) dan PT Asuransi Jasa Indonesia.

Dalam bisnis asuransi jiwa ini, Mandiri memiliki kepemilikan sebesar 80% dan sisanya dibagi rata oleh Kimia Farma dan Asuransi Jasa Indonesia. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.