Selasa, 29 September 20

Bulan Sya’ban Miliki Banyak Keistimewaan

Bulan Sya’ban Miliki Banyak Keistimewaan
* Ilustrasi Bulan Sya'ban. (foto: Edwin B/Obsessionnews.com)

Jakarta, Obsessionnews.com – Nisfu Sya’ban atau pertengahan bulan Sya’ban 2018 akan jatuh pada Selasa (1/5/2018). Adapun pada malam Nisfu Sya’ban menjadi kebiasaan umat Islam di Indonesia, yakni mengadakan pembacaan doa-doa, yang dilaksanakan selepas magrib sampai menjelang Isya.

Imam Masjid Al Markaz Al Islami, Dr Muammar Bakrie mengungkapkan pada bulan Sya’ban, Rasulullah saw banyak menjalani ibadah puasa dari bulan-bulan lainya selain Ramadhan.

Pada umumnya bulan Sya’ban memiliki banyak keistimewaan. Seperti yang diriwayatkan Abu Daud yang mengatakan Rasulullah seringkali berpuasa di bulan Syaban. Bahkan, intensitasnya paling banyak bila dibandingkan bulan-bulan lain selain Ramadhan.

Berita tentang Nisfu Sya’ban ini menjadi trending topic di mesin pencari Google. Pantauan Obsessionnews.com di Google Trends wilayah Indonesia pada Senin (30/4) pukul 10.25 WIB berita ini dicari lebih dari 100.000 kali.

Muammar juga menjelaskan tentang Nifsu Sya’ban yakni pada malam Nifsu Syaban, Allah memerintahkan malaikatnya untuk turun dan melihat hambanya yang bangun pada tengah malam untuk menjalankan shalat malam serta keesokan harinya yang berpuasa.

Ada yang juga riwayat yang mengatakan pada malam Nifsu Syaban, semua amalan manusia dicatat dan dilaporkan ketika bulan Sya’ban. “Namun, ada juga riwayat yang mengatakan, semua amalan manusia dilaporkan pada malam lailatul qadar di bulan ramadhan,”jelas Muammar.

Ada juga beberapa ulama yang memberikan kompromi atas kedua riwayat tersebut yakni amalan manusia selama setahunnya dicatat pada Nifsu Sya’ban dan baru disahkan pada malam Lailatul Qadar.

Tapi ada juga ulama yang menganggap lemah kedua riwayat tersebut, sehingga tidak membenarkan amalan di dalamnya. Namun, solusinya yakni selama tak ada larangan untuk berpuasa, tak ada salahnya untuk berpuasa. “Terlebih jika kita berpuasa kita akan mendapatkan pahala,”katanya.  (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.