Sabtu, 4 Desember 21

Bulan Puasa, Permintaan Pemotongan Sapi di RPH Semarang Turun

Bulan Puasa, Permintaan Pemotongan Sapi di RPH Semarang Turun

Semarang, Obsessionnews – Jumlah permintaan pemotongan sapi di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Semarang mengalami penurunan dibanding sebelum bulan Ramadhan tiba. Permintaan menurun hingga 10% dari hari-hari biasa.

Kepala RPH Semarang, Imam Sudibyo mengatakan pemotongan sapi saat ini turun dari sebelumnya 35 ekor per hari, menjadi 30 hari tiap harinya. Tren penurunan disebabkan masyarakat yang cenderung memilih membelanjakan pendapatan untuk hal lain.

“Saat bulan puasa mereka mengetatkan pendapatannya untuk membeli pakaian, dan sebagainya sehingga menurun,” kata dia, Sabtu (11/6/2016).

Namun, tren tersebut akan berubah saat hari raya Idul Fitri tiba. Imam mengaku permintaan usai lebaran justru melonjak drastis, bahkan sampai 300%.

“Kemudian nanti setelah lebaran bisa naik jadi 100 sampai 120 ekor per hari. Karena permintaan orang yang tidak biasa makan daging sapi beli berbondong-bondong,” jelasnya.

Selama ini, pasokan sapi berasal dari wilayah Magelang, Boyolali, Ambarawa dan Kudus. Terkait pemeriksaan daging, pihaknya berdalih jika RPH hanya bertugas memotong saja. Sedangkan pemeriksaan dilakukan di Pos Pemeriksaan Daging.

“Kalau sapi sakit ga boleh dipotong. Dikarantina dulu. Itu nanti efeknya di daging,” tandasnya

Sementara Walikota Semarang, Hendrar Prihadi menuturkan guna antisipasi kekurangan stok daging sapi saat lebaran, ia meminta RPH Semarang menurunkan seluruh stok daging sapi. Sebagai informasi, kebutuhan daging sapi kota Semarang yang dapat terpenuhi oleh RPH Semarang baru sekitar 4 ton daging.

“Sehingga mudah-mudahan tidak ada istilah pedagang mremo, tidak ada istilah kemudian harganya melonjak tinggi karena suplainya kurang,” paparnya.

Terkait kehalalan daging, Hendi panggilan akrabnya mengklaim RPH Semarang sudah memenuhi standar pemotongan hewan sesuai agama Islam.

“RPH Semarang ini sudah memenuhi standar baik dari kementerian pusat maupun hal-hal lain yang sifatnya halal. Kita menggaransi bahwa pemotongan di Kota Semarang halal,” tandasnya. (ihy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.