Kamis, 2 Desember 21

Bulan Dana PMI Bandung Targetkan Rp1.5 M

Bulan Dana PMI Bandung Targetkan Rp1.5 M

Bandung, Obsessionnews – Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial menjadi pembina apel pagi sekaligus meresmikan Pencanangan Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung Tahun 2016 di Plaza Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancan, Senin (6/6/2016).

Oded mengamanatkan, sangat tepat hari ini Kota Bandung menyelenggarakan Pencanangan Bulan Dana PMI Kota Bandung Tahun 2016. Karena, hari ini merupakan hari pertama bagi seluruh kaum muslimin untuk melaksanakan ibadah puasa.

“Saya harap Pencanangan Bulan Dana PMI ini bisa maksimal dalam meraih donator, karena bulan Ramadhan bukan hanya diwajibkannya ibadah puasa akan tetapi bulan Ramadhan juga bulan yang penuh barokah, bulan yang penuh dengan cinta kasih dan bulan yang penuh ampunan serta bulan yang ditetpkannya oleh Allah SWT untuk seluruh kaum muslim khususnya menyelenggarakan sodakoh sebanyak-banyaknya” ujarnya.

Harus kita akui, keberadaan PMI telah menjadi kontributor penghormatan terhadap jiwa dan kehidupan kemanusiaan. Sejak perjuangan kemerdekaan hingga sekarang dengan memberikan bantuan meringankan penderitaan sesama manusia.

Apapun latar belakangnya, dengan tidak membedakan agama, bangsa, suku, golongan bahkan warna kulit dan bahasa. Peran tersebut tidak terlepas dari dukungan segenap komponen dari masyarakat, baik dalam bentuk donasi dana maupun sumbangan dalam rangka mengembangkan tanggung jawab kemanusisaan.

“Oleh karena itu, berkenaan dengan Pencanangan Bulan Dana PMI Tahun 2016, diadakan setiap tahun di masing-masing kota seluruh indonesia, maka saya harap bukan semata mata mengumpulkan dana, akan tetapi yang lebih penting lagi adalah memelihara dan meningkatkan semangat kedermawanan dalam rangka sosialisasi PMI untuk membantu meringankan beban penderitaan sesama manusia,” jelas Oded.

Oded menambahkan, hal ini penting untuk dipahami, karena potensi bencana kemanusiaan kedepan boleh jadi tidak akan lebih ringan dibandingkan dengan keadaan masa kini. Sehingga diperlukan langkah-langkah antisipasi yakni dengan menggalang seluruh potensi yang ada dalam masyarakat.

Bukan hanya aspek finansial, akan tetapi dalam bentuk dukungan moral, bahkan tugas-tugas pengelolaan transfusi darah, pelayanan sosial dan kesehatan, serta pembinaan generasi muda melalui aktifitas CSR (Corps Suka Rela). PMR akan menjadi media untuk meraih partisipasi masyarakat sehingga akan menguatkan persiapan PMI dalam menghadapi tugas ke depannya.

“Untuk itu saya harap Pencanangan Bulan Dana PMI Kota Bandung Tahun 2016 akan menjadi momentum penguatan bagi sejumlah persoalan mendesak yang dihadapi kota Bandung, khususnya di bidang kesehatan yang secara khusus diharapkan menjadi pilar bagi tercapainya Visi Bandung Juara yakni Bandung yang Unggul Nyaman dan Sejahtera,” pungkas Oded.

Ketua Harian PMI Kota Bandung Atalia Praratya menjelaskan, maksud dan tujuan dalam Pencanangan Bulan Dana PMI Kota Bandung Tahun 2016, untuk menghimpun sumbangan dari masyarakat Kota Bandung. Hal ini berupaya untuk mensosialisasikan peran dan fungsi PMI pada masyarakat, meningkatkan jiwa dan semangat kebersamaan serta saling tolong menolong sesama yang membutuhkan.

“Waktu penyelenggaraan pelaksanaan Bulan Dana PMI Tahun 2016 akan dilaksanakan, selama 3 bulan terhitung mulai tanggal 1 juni sampai 31 agustus 2016 dan akan diperpanjang 1 bulan apabila belum mencapai target panitia,” jelasnya.

Sasarannya yaitu pada kesempatan ini panitia akan menjaring atau menghimpun dana melalui bidang sumber pelayanan pajak daerah melaui sektor pengusaha badan nasional, sektor pajak reklame, BUMN & BUMD, pembuat akta kelahiran, pelanggan listrik, pelanggan telpon, pelanggan air minum, jasa pelayanan PT POS Indonesia, pengusaha produk usaha kecil dan menengah.

“Adapun bidang perijinan melalui pemohon sim, pemohon pajak kendaraan bermotor, balik nama kendaraan bermotor, kir mobil dan pemohon sertifikat tanah. Pelayanan perijinan terpadu Kota Bandung yaitu PNS melalui kolektor Badan Kepegawaian Daerah Kota Bandung dan SKPD sekota Bandung,” jelasnya.

Selanjutnya Athalia menambahkan, dibidang kesehatan melalui apotek, labolatorium, rumah sakit, klinik pratama dan klinik utama, calon jamaah haji kota bandung. Kewilayahan terdapat potensi RW Sekota Bandung. Spontanitas melalui pengusaha atau donatur, pengunjung mall dan penumpang pesawat terbang Bandara Internasional Husein Sastranegara.

Target perolehan bersih bulan dana tahun 2016 sebesar Rp.1.503.000.000,- sungguh hal yang tidak mudah dicapai, oleh karena itu kami mohon dukungan dan peran aktif dari seluruh jajaran panitia dapat bekerja keras bersama-sama agar mendapat target yang diharapkan,” ujarnya.

Harapannya, pelaksanaan Bulan Dana PMI Kota Bandung tahun 2016, dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana yang dibuat.

“Mudah mudahan seberapapun besarnya sumbangan yang diberikan, akan mendapatkan lipat ganda dari Allah SWT, karena Bulan Dana PMI diselenggarakan pada bulan Ramadhan. Mudah mudahan dana yang terkumpul ini benar benar dapat meringankan beban orang-orang yang membutuhkannya, serta panitia bulan dana PMI dapat kembali berkonsentrasi pada tugas-tugas kemanusiaan selanjutnya,” pungkas Atalia. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.