Minggu, 5 Desember 21

Buku Soal Bukti Lahan Gersang Menghijau, Diluncurkan

Buku Soal Bukti Lahan Gersang Menghijau, Diluncurkan

Jakarta, Obsessionnews – Buku berjudul ‘Jejak Hijau Wanagama, Sebuah Perjalanan Menghijaukan Lahan Kritis’, resmi diluncurkan, Kamis (26/5/2016) di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan.

Buku ini merupakan bukti keberhasilan menjadikan kondisi tanah yang tandus bebatuan yang kering dan gersang tanpa tanaman menjadi hutan hijau.

Contohnya, hutan di daerah Gunung Kidul Daerah istimewa Yogyakarta, yang kini menjanjikan kesejahteraan bagi penduduk sekitar dengan munculnya sumber air.

“Keberhasilan tersebut tidak lepas dari kesabaran, ketekunan dan perjuangan tanpa pamrih dari 8 (delapan) rimbawan perintis Wanagama yaitu Soedjarwo, Soedarwono, Darmakoen, Pardiyan, RIS Pramoedibjo, Oemi Hani’in Soeseono, Soekotjo dan Tri Setiyo yang telah menghijaukan lahan kritis melalui pendekatan sosial ekonomi dengan prinsip melestarikan hutan yang melibatkan masyarakat sekitar hutan untuk turut menjaga, melindungi dan nantinya akan memperoleh manfaat dari hutan tersebut,” ucap Sekretaris Badan Penyuluh dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian LHK, Amir Wardana.

Penyerahan buku tersebut kepada Ilyas Asaad selaku mewakili Menteri LHK, dalam menyelenggarakan 8th IndoGreen Forestry & Environment Expo 2016 ini dengan tema “Gotong Royong Mewujudkan Kelestarian Lingkungan dan Hutan untuk Mendukung Kedaulatan Pangan, Air dan Energi Terbarukan” pada tanggal 26 – 29 Mei 2016 di Hall B, Jakarta Conventian Center.

Selain itu, buku ini berisi tentang upaya para rimbawan pendahulu dalam merehabilitasi hutan yang selama ini ceritanya baru di dengar dari mulut ke mulut.

Semoga buku ini mampu menggugah para rimbawan muda masa kini untuk menghijaukan kembali hutan di Indoneisa, yang kondisinya semakin kritis. (Popi Rahim)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.