Senin, 28 November 22

Buku Political Marketing Intelligence, Supriyatno Yudi: Berpolitik Harus Cerdas

Buku Political Marketing Intelligence, Supriyatno Yudi: Berpolitik Harus Cerdas
* Buku Political Marketing Intelligence. (Foto: Istimewa)

Obsessionnews.com – Tahukah Anda bahwa nyawa dari kegiatan pemasaran politik (marketing politic) adalah intelijen (intelligence). Tanpa intelijen, aktivitas pemasaran politik menjadi kehilangan makna, tanpa arah, sporadis, dan ujungnya (seringkali) berakhir dengan kekalahan (tidak terpilih).

Intelijen disini baik bermakna sebagai kecerdasan (intelejensia) atau bertindak cerdas, maupun bermakna sebagai kegiatan pemantauan, penyelidikan atau penggalian informasi.

“Kenapa berpolitik itu harus cerdas? Karena pasar politik jelas dan terukur, ada dalam DPT. Untuk itu langkah-langkah yang diambil harus terukur baik secara elektabilitas, maupun secara ekonomi politik,” ujar Supriyatno Yudi dalam buku yang berjudul Political Marketing Intelligence, dikutip obsessionnews.com, Jumat (7/10/2022).

Di sisi yang lain, lanjut Supriyatno, watak politik itu dinamis. Untuk itulah agar dapat memahami dan menyikapi dinamisitas, maka perlu pemantauan dan penggalian informasi secara terus-menerus.

“Bahkan pemantauan inilah yang akan menjadi dasar segala keputusan tindakan secara cerdas,” tambahnya.

Buku ini akan memandu pembaca tahap demi tahap berperilaku secara cerdas dalam berpolitik. Pada saat yang bersamaan pembaca juga dibawa ke kazanah pemantauan politik berkesinambungan, dan terintegrasi dengan strategi, rencana aksi, serta aplikasi di lapangan.

“Buku ini ditulis berdasarkan pengalaman langsung penulis selama belasan tahun berkecimpung dari satu kontestasi politik ke kontestasi politik lainnya,” pungkas Supriyatno. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.