Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

Buku ‘Irwan Prayitno Di Mata Awak Media’ Diluncurkan

Buku ‘Irwan Prayitno Di Mata Awak Media’ Diluncurkan

Padang, Obsessionnews – Buku “Irwan Prayitno di Mata awak (Media Cetak/Online)” diluncurkan Rabu (11/11). Buku kumpulan Buku kumpulan dari artikel dari media cetak dan online itu untuk memuat bagaimana keseharian Irwan Prayitno.

Hendri Hassan, sebagai yang dipercaya untuk merancang sekaligus menerbitkan buku mengaku, hal yang unik dari Irwan Prayitno adalah multi talenta yang dimilikinya.

“Banyak sisi-sisi kehidupan yang menarik untuk disimak dan diteladani dari seorang Ustad, Datuak, Profesor, Gubernur, Penulis, Pemusik/Drummer, Pembuat Lagu, Karatekawan, Pemotor Trail. Namun, selalu bersahaja, apa adanya,” kata Hendri Hassan.

Ia mengaku, merancang sekaligus menerbitkan buku itu sebagai sebuah kehormatan dan kepuasan tersendiri. Setelah membaca tulisan tersebut, banyak hal-hal menarik tentang Irwan Prayitno.

Buku yang dirancang, dibuat kembar, yaitu buku “Irwan Prayitno di Mata Media Cetak” dan “Irwan Prayitno di Mata Media Online”. Dalam buku tersebut terlihat  bagaimana sosok pribadi seorang Irwan Prayitno, beliau sangat terbuka dengan media, sehingga media begitu leluasa membuat tulisan tentang dirinya.

“Desain muka dan tata letak buku ini dibuat unik menyerupai surat kabar, karena semua tulisannya merupakan realita dan fakta yang ditulis awak media. Sebagai bukti otentiknya, didalamnya juga ditampilkan klipingan dari masing-masing media. Begitu pula dengan foto-foto yang ada di dalam buku ini semuanya adalah hitam putih, itu agar para pembaca dapat melihatnya secara hitam putih pula,” sebut Hendri.

Buku Irwan Prayitno

Sementara itu, Irwan Prayitno mengatakan, ide diterbitkan buku ini datang dari tulisan yang dibuat teman-teman wartawan yang sering bertemu muka dan wawancara serta berdialog langsung dengannya tentang berbagai hal yang menyangkut kegiatan sehari-harinya selaku Gubernur selama periode 2010-2015, maupun kegiatan pribadinya ditengah keluarga.

“Waktu itu tulisan itu di posting di media sosial, ternyata banyak yang suka dengan tulisan itu. Hendri Hasan yang merupakan teman di SMA 3 mengatakan, tulisan ini menarik dan bagus, bagaimana kalau dibukukan. Akhirnya jadilah buku ini,” kata Irwan Prayitno sedikit mengulas.

Ia mengatakan, saksi sejarah tentang kepemimpinan seorang kepala daerah itu tentunya wartawan. Apalagi mereka yang ditugaskan meliput di kantor Gubernur. Mereka yang banyak menghabiskan waktu untuk mengikuti kegiatan Gubernur, tentunya menyetahui cukup banyak tentang kesehariannya.

“Mereka tentunya dapat mengungkapkan fakta mengenai seorang Gubernur. Itulah tulisan yang ada di dalam dua buku ini,” kata Irwan Prayitno.

Sri Antoni dari antarasumbar.com yang mewakili media online mengatakan, apa yang ditulis adalah fakta yang dilakukan Irwan Prayitno yang saat itu menjadi  Gubernur Sumbar. Ia melihat tak semua pemimpin yang mempunyai energi lebih seperti Irwan Prayitno. Banyak energi positif dari seorang Irwan Prayitno, diantaranya ketika mendapatkan informasi tentang masyarakat, maka dengan cepat ia lengsung turun melihat lokasi.

“Saya sering mengikuti kegiatan beliau, dalam sehari itu bahkan ada sampai 10 kegiatan yang dihadiri. Kami sering kewalahan mengikuti padatnya aktifitasnya itu. Pak Irwan memang punya banyak energi positif, dan ada hal-hal menarik yang dimiliki, itu tak dimiliki semua pemimpin,” katanya.

Hal yang sama diungkapkan, Pimpred Metro Andalas Eko Yance yang mewakili media cetak. Eko mengatakan dari tulisan yang dibukukan, masyarakat akan mengetahui bagaimana kepemimpinan Irwan Prayitno. Buku ini juga sebagai transformasi apa yang telah dilakukan Irwan Prayitno selama lima tahun menjadi Gubernur Sumbar.

“Banyak kelebihan yang dimiliki oleh Irwan Prayitno, sisi-sisi itulah yang digali oleh wartawan untuk mengetahui lebih dekat seorang Irwan Prayitno yang waktu itu menjabat sebagai Gubernur Sumbar,” jelasnya.

Peluncuran buku itu, juga menarik pengunjung Hotel Mercure diantaranya Siti Rusdiana Rusad yang kebetulan bersama suaminya menginap disana. Ia tertarik untuk melihat peluncuran bukunya. Setelah membaca, ia baru mengetahui kalau Prof Irwan Prayitno adalah lulusan fsikologi.

“Jarang lulusan fsikologi yang dapat menjabat seorang kepala daerah. Ini tentunya dapat menjadi sebuah referinsi bagi para fsikologi lainnya. Di dalam buku ini juga banyak hal menarik yang dapat dilihat tentang seorang Irwan Prayitno sebagai seorang Gubernur waktu itu,” pungkasnya.

Buku yang terbit bulan Oktober 2015 adalah buku yang diluncurkan buku karya Irwan Prayitno “Inspirasi Untuk Negeri” pada Senin (19/10). (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.