Rabu, 25 Mei 22

Buka Kotak Suara, Tiga PPS Kebumen Dipecat

Buka Kotak Suara, Tiga PPS Kebumen Dipecat

Semarang, Obsessionnews – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kebumen menjatuhkan sanksi pemecatan kepada tiga anggota Penyelenggara Pemungutan Suara (PPS) karena melanggar Undang-Undang Pilkada dengan membuka kotak suara lebih dulu. Tiga petugas tersebut bertugas di TPS 2, 7 dan 8 Desa Banjareja, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Jateng, Teguh Purnomo mengatakan, pemecatan jajaran petugas merupakan rekomendasi KPU dan Panswaslu setempat. “Tiga dari tujuh rekomendasi Panwaslu untuk melaksanakan pemungutan suara ulang, salah satunya pemecetan,” ujar Teguh, di Semarang, Selasa (14/12/2015).

Selain itu, sanksi pemecatan juga sebagai bentuk tanggungjawab atas pembukaan kotak suara bersegel terhadap anggota PPS 2,7 dan 8. Pemberian catatan khusus tak luput diberikan jika suatu saat mereka mendaftar menjadi penyelenggara, karena dianggap lalai menjaga kotak suara bersegel.

“Petugas lalai menjaga keutuhan kotak suara tersegel, sampai Petugas Pemungut kecamatan (PPK) dan melakukan pembiaran kotak suara dibuka oleh PPS Banjareja,” beber dia.

Sanksi berat, lanjut Teguh, juga dijatuhkan kepada ketua dan anggota Panitia Pengawas Kecamatan (PPK) desa Banjareja, berupa pemberhentian dengan tidak hormat sebagai anggota PPK. Termasuk di dalamnya anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dinilai bertanggung jawab atas kesalahan pembukaan kotak suara.

“Kami mengapresiasi atas respon KPU Jateng dan KPU Kebumen terhadap masalah yang ada di Kebumen ini,” tandasnya. (Yusuf IH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.