Kamis, 23 September 21

Budaya AKHLAK Jadi Nilai Utama di Pos Indonesia

Budaya AKHLAK Jadi Nilai Utama di Pos Indonesia
* Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Gilarsi W. Setijono. (Foto: Kapoy/obsessionnews)

Jakarta, Obsessionnews.com PT Pos Indonesia (Persero) menggelar  launching Core Values AKHLAK melalui video conference dengan menggunakan aplikasi Zoom, live streaming youtube maupun Instagram Pos Indonesia, pada Senin (14/9/2020).

Video conference virtual ini dihadiri oleh Deputy Bidang SDM, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Alex Denni dan semua pejabat Kantor Pusat, Kantor Regional dan Kantor Unit Pelaksana Teknis, dan disaksikan oleh karyawan-karyawati Pos di seluruh Indonesia.

Pembukaan launching tersebut dilakukan sendiri oleh Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Gilarsi W. Setijono secara virtual. Dengan begitu, Pos Indonesia resmi memulai internalisasi budaya AKHLAK kepada seluruh Insan Pos Indonesia. Spirit ini sebagai standar nilai prilaku yang menjadi pedoman budaya kerja dalam mewujudkan spirit BUMN Untuk Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Gilarsi menyampaikan, core values AKHLAK selanjutnya menjadi nilai-nilai utama budaya perusahaan di Pos Indonesia yang harus diimplementasikan dalam perilaku kerja insan Pos pada semua level. Ini diyakini akan selaras dengan strategi bisnis Pos Indonesia yang akan mendorong insan Pos Indonesia untuk berkinerja dengan lebih baik.

“Dengan selarasnya budaya kerja insan Pos Indonesia dengan strategi bisnis yang ditetapkan, diharapkan akan mampu mendorong bertumbuhnya bisnis Pos Indonesia untuk mewujudkan Pos Indonesia Juara,” jelas Gilarsi dalam sambutannya di acara tersebut.

Sementara itu, Alex mengatakan, AKHLAK mesti menjadi core values seluruh BUMN dalam mengembangkan usahanya. Termasuk dalam rekruitmen SDM. Sementara bagi tenaga kerja existing, mestinya menjadi budaya kerja.

“Konkretnya misalnya membuka mindset, bahwa kita memiliki tujuan yang sama mewujudkan tujuan Pos Indonesia. Ini mesti ada komitmen semua pihak, baik leader, karyawan, dan lainnya untuk terbuka dan inten menjalin komunikasi,” papar dia dalam acara tersebut.

Untuk diketahui, AKHLAK merupakan nilai-nilai Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif. Launching Core Values AKHLAK, yang merupakan bagian dari penyelarasan strategi Pos Indonesia dengan Kebijakan Kementerian BUMN.

Implementasi budaya AKHLAK sebagai nilai-nilai utama Budaya Perusahaan Pos Indonesia ini sebagaimana ditetapkan dalam Surat Edaran Menteri BUMN Nomor: SE 7/MBU/07/2020 tanggal 1 Juli 2020 tentang Nilai-Nilai Utama (Core Values) Sumber Daya Manusia Badan Usaha Milik Negara.

Nilai-nilai utama AKHLAK yang perumusannya telah melalui proses kristalisasi nilai-nilai budaya yang telah ada di BUMN diyakini selaras dengan kebutuhan transformasi budaya di BUMN yang dibutuhkan untuk mewujudkan peran Badan Usaha Milik Negara sebagai mesin pertumbuhan ekonomi, akselerator kesejahteraan sosial (social welfare), penyedia lapangan kerja, dan penyedia talenta. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.