Selasa, 9 Agustus 22

BTN Tingkatkan Potensi Pariwisata dengan BTN Tour de Borobudur

BTN Tingkatkan Potensi Pariwisata dengan BTN Tour de Borobudur

BTN mendukung wisata berbasis olahraga untuk kembangkan ekonomi di Jawa Tengah

Semarang, Obsessionnews.com – Pengembangan ekonomi di daerah tidak lepas dari sector pariwisata, sebagai bentuk dukungan terhadap industri pariwisata nasional dan khusus Provinsi Jawa Tengah, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menjadi pendukung utama dalam BTN Tour de Borobudur (BTNTDB) XVI tahun 2016. Perhelatan olahraga sekaligus memperkenalkan keindahan alam Indonesia melalui kompetisi balap sepeda BTN Tour de Borobudur ini diharapkan memberikan dampak berganda terhadap perkembangan ekonomi masyarakat.

Acara BTN Tour de Borobudur, dibuka oleh Direktur Utama Bank BTN, Maryono bersama dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pada Jumat (18/11/2016), di halaman depan gedung Gubernur Jawa Tengah.

Tour de Borobudur merupakan event sepeda tahunan yang rutin dilaksanakan di Provinsi Jawa Tengah. Ajang BTN Tour de Borobudur merupakan ajang ke 16 yang sukses digelar oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. BTN TDB akan diikuti oleh lebih dari 2.450 pesepeda yang akan mengikuti 3 kategori, yakni kelas A dengan rute sepanjang 275 Km selama 2 hari, kemudian kelas B sepanjang 90 Km dan kelas C sepanjang 37 Km.

BTN Tour de Borobudur dirancang melewati sejumlah destinasi wisata di Jawa Tengah, seperti Candi Prambanan, Rawa Pening, Kopeng dan tentu saja Candi Borobudur sebagai destinasi terakhir pada puncak acara tersebut.

“Dengan rute yang ada, peserta tidak hanya sekadar menikmati pemandangan alam, tapi juga mendapatkan pengalaman wisata lain, seperti kuliner, dan budaya yang menjadi kekayaan wisata tiap daerah,” kata Maryono. Alhasil, masyarakat di sekitar rute BTN Tour de Borobudur baik di Solo, Sema rang, maupun Magelang bisa ikut dilibatkan, mulai dari penyewaan  penginapan, wisata kuliner, kerajinan tangan, dan sebagainya.

“Kegiatan ekonomi masyarakat sekitar ikut berkembang dengan kehadiran BTN Tour de Borobudur,” kata Maryono menambahkan. Peran Bank BTN dalam program pariwisata tidak hanya lewat event BTN TDB XVI, namun juga dalam program percepatan pengembangan 10 destinasi wisata yang dicanangkan pemerintah.

Salah satu kontribusinya adalah Bank BTN berkomitmen mengucurkan pembiayaan Ke sektor perhotelan pariwisata. “Kami fokus pada pembiayaan homestay yang dikelola masyarakat atau komunitas di 10 destinasi wisata prioritas. Dana pinjaman tersebut bisa digunakan untuk konstruksi,revitalisasi atau pembelian properti,” katanya.

Bank BTN yang telah hadir 66 tahun di Indonesia selalu memberikan produk perbankan pilihan bagi masyarakat,tidak hanya Kredit Kepemilikan Rumah yang sudah lama dikenal, tapi juga beragam solusi digital perbankan. Dalam BTN TDB XVI, para peserta akan merasakan langsung manfaat dari tabungan Bank BTN dan Digital Solution yang diberikan BTN, misalnya pembukaan rekening secara online, transfer lewat mobile Banking maupun internet banking dan menikmati transaksi yang mudah dengan kartu B-Link, uang elektronik untuk berbelanja di arena BTN Tour de Borobudur.

Semua peserta BTN Tour de Borobudur berhasil finish akan mendapatkan hadiah tanpa diundi berupa Tabungan SERBU (Serba Untung) BTN senilai Rp200.000. Program SERBU merupakan program tabungan berhadiah rumah dan mobil mewah dari tabungan Batara. Khusus bagi 500 peserta pertama yang berhasil masuk garis finish, tidak hanya meraih tabungan SERBU, tapi juga berhak mendapatkan kartu BTN Blink gratis dengan saldo Rp 50.000 yang akan diaktivasi di booth Digital Solution Bank BTN.

Sekilas tentang event TDB 2016 Tour de Borobudur (TDB) adalah kegiatan tahunan yang diinisiasi oleh tokoh senior SAMBA yang dilakukan secara rutin sebagai agenda internal komunitas. Sejalan dengan waktu dan tumbuh antusias dari komunitas sepeda di sekitar Semarang untuk ikut berpartisipasi, tahun demi tahun acara Tour De Borobudur menjadi lebih besar baik secara acara maupun jumlah pesertanya.

Pada tahun 2015, TDB mendapatkan dukungan dari Bapak Gubernur Jawa Tengah. Ganjar Pranowo, untuk menjadi event pendukung dari event International Borobudur Marathon 10 K. Semangat awal dari SAMBA masih tetap yaitu menjadikan event ini sebagai wadah pemersatu dan pesta olah raga antar komunitas Sepeda di Indonesia, khususnya di Jawa Tengah.

Gubernur Jawa Tengah memiliki program untuk membuat New Bali di Jawa Tengah sebagai destinasi Pariwisata International. Program tersebut direalisasikan dengan mengawinkan event Olah Raga dengan Pariwisata dengan menaikkan rating event TDB yang terbukti dengan suksesnya TDB XV.

Pada tahun 2016, TDB mendapatkan dukungan Bank BTN, dengan adanya dukungan dari BTN kepada SAMBA, maka untuk pertama kalinya SAMBA menambah jumlah kategori event TDB tahunan menjadi 3: Kategori A–2 days gowes dengan 275 km melewati berbagai daerah pariwisata, menikmati berbagai kuliner khas di Jawa Tengah, dan selama touring panitia menerapkan standard yang tinggi, baik segi keselamatan, ketepatan waktu, dan hiburan.

Kategori B–1 days gowes dengan 81 km dari Semarang menuju Candi Borobudur,selama touring panitia akan dibantu oleh pihak Polda Jateng untuk mengamankan selama acara berlangsung yang akan melibatkan lebih dari 1700 bikers, panitia akan memberikan konsumsi , melibatkan tenaga medis serta mengikutsertakan peserta dalam asuransi selama touring berlangsung , hiburan dan doorprize juga disediakan oleh panitia baik secara selama touring maupun di lokasi finish.

Kategori C–1 days gowes diselenggarakan khusus untuk komunitas mitra kerja Bank BTN termasuk Menteri BUMN, Menteri Pupera dan para dirut serta pejabat BUMN. Sinergi BUMN melalui kegiatan bersepeda. Semoga event BTN TDB XVI dapat menjadi ajang pesta rakyat yang dapat dinikmat oleh berbagai element masyarakat dan turut serta untuk meningkatkan pariwisata dan perekonomian di Jawa Tengah. (Iwan)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.