Sabtu, 24 Oktober 20

BTN Layani Pembayaran Panjar Secara Online

BTN Layani Pembayaran Panjar Secara Online
* Direktur Utama BTN Maryono. Foto/ Sutanto, Obsession Media Group.

Jakarta, Obsessionnews.com – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk melakukan inovasi dengan membuka layanan pembayaran panjar biaya perkara (e-payment) yang dapat diakses lewat aplikasi e-court atau pengadilan elektronik milik Mahkamah Agung (MA) secara online.

Direktur Utama Bank BTN, Maryono mengatakan melalui fitur e-payment diyakini akan mempermudah masyarakat yang hendak menyelesaikan biaya perkara dengan mudah dan cepat. Fitur ini juga sekaligus untuk mendukung tata kelola keuangan perkara yang sedang digalakkan MA.

“Kami menilai e-payment yang ada dalam e-court merupakan terobosan yang baik dari MA dengan melibatkan perbankan sehingga laporan keuangan dan administrasi biaya dapat terekam dengan baik dan akuntabel,” kata Maryono dalam keterangan tertulisnya, Rabu (29/8/2018).

Maryono menjelaskan, pada tahap awal MA melalui Dirjen Badilum menetapkan dua pengadilan negeri (PN) sebagai pilot project dan sudah beroperasional, yaitu PN Jakarta Pusat dan PN Tipikor Surabaya

“Pembayaran biaya perkara untuk PN yang bekerja sama dengan BTN bisa dilakukan secara multichannel misalnya lewat loket, ATM, Mobile Banking, dan Internet Banking serta multibank atau antarbank – metode transfer online,” imbuhnya.

Keunggulan dari transaksi tersebut, menurut Maryono adalah real time. Sebab, pembayaran bisa langsung terperbarui dan akurat karena dengan virtual account yang sudah dibentuk melalui system e-court sudah terhitung secara otomatis oleh system agar tagihan biaya perkara bisa tepat guna dan tepat pengguna.

Diketahui, e-court merupakan aplikasi yang dirilis oleh MA pada bulan Juli lalu, yang melayani pendaftaran perkara secara online/daring, proses perolehan e-skum atau surat keterangan membayar secara online, e-payment, konfirmasi pembayaran dan pemberitahuan atau notifikasi secara online serta penyampaian panggilan dan pemberitahuan persidangan secara elektronik (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.