Selasa, 26 Oktober 21

BTN Jadi Pemimpin Pasar Pembiayaan Perumahan di Indonesia

BTN Jadi Pemimpin Pasar Pembiayaan Perumahan di Indonesia

Jakarta, Obsessionnews – Bank BTN masih menjadi pemimpin pasar pembiayaan perumahan di Indonesia dengan penguasaan pangsa pasar total KPR sebesar 24%. Sedangkan untuk segmen KPR subsidi, peran Bank BTN sangat dominan dengan menguasai pangsa pasar lebih dari 95% dari total penyaluran  Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan ( FLPP) tahun 2011, 2012 dan 2013.

Direktur Utama (Dirut) Bank BTN Maryono menyampaikan, total KPR bersubsidi yang sudah disalurkan Bank BTN sejak 1976 sampai dengan 2014 berjumlah sekitar Rp 60 Triliun yang telah dimanfaatkan oleh lebih dari  2,6 juta masyarakat Indonesia.  Sementara khusus untuk program FLPP, sejak program ini dijalankan tahun 2010 sd 2014 telah direalisasikan rumah lebih dari 368.000 unit dengan total kredit mencapai lebih dari Rp.25 Triliun.

“Khusus FLPP tahun 2014 kami melampaui target pemerintah  58.000 unit dan terealisasi 93.000 unit dengan jumlah kredit lebih dari Rp.7,9 Triliun,” ujar Maryono di Gedung BTN, Jl Gajah Mada, Jakarta Pusat, Senin (9/2/2015).

Dia menambahkan diperlukan adanya intervensi pemerintah untuk meningkatkan kapasitas supply perumahan, khususnya perumahan murah. Disamping itu intervensi pemerintah juga diperlukan untuk memastikan ketersediaan pembiayaan perumahan khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

“Jadi tetap untuk mengatasi problematika perumahan nasional kuncinya ada pada political will pemerintah,” kata Maryono.

Di 65 tahun HUT Bank BTN ini, lanjut Maryono,  menjadi moment perseroan untuk tetap fokus pada bisnis pembiayaan perumahan. Potensi perumahan masih sangat besar dan Bank BTN sebagai bank fokus dapat memiliki portfolio pembiayaan perumahan melebihi bank lainnya di Indonesia.

“Karena potensi bisnis dan perannya yang sangat besar, Bank BTN akan menjadi besar sebagai Mortgage Bank di Indonesia,” pungkasnya. (Purnomo)

Related posts