Minggu, 24 Oktober 21

BTN Dukung Pengembangan Brand Lokal dari Sektor UMKM

BTN Dukung Pengembangan Brand Lokal dari Sektor UMKM
* Managing Director Distribusi and Network BTN Budi Satria (tengah) berbicara dalam acara peluncuran program Brand Adventute di Menara BTN, Jakarta, Rabu (1/11/2017).

Jakarta, Obsessionnews.com – Jumlah pelaku UMKM Indonesia termasuk paling banyak di antara negara lainnya, namun kesadaran untuk melakukan branding lokal belum optimal. Padahal sektor UMKM dinilai memiliki potensi brand lokal yang luar biasa.

Pernyataan itu dikemukakan Managing Director Distribusi and Network BTN Budi Satria dalam acara peluncuran program Brand Adventute di Menara BTN, Jakarta, Rabu (1/11/2017).

Turut Hadir dalam acara itu Co-Founder dan CEO Tokopedia William Tanuwijaya, Founder and CEO GambaranBrand Arto Soebiantoro, serta Executive Producer Brand Adventute Andi F Noya.

“Tentu kita harapkan acara ini akan membantu mereka, mengedukasi mereka, memberikan inspirasi bagaimana mengembangkan brand lokal mereka dengan baik,” ujar Budi.

BTN turut berkontribusi dalam membangun jiwa nasionalisme melalui brand lokal. Karena itu program Corporate Social Responsibility dilakukan di beberapa daerah supaya ingin menggali potensi brand lokal tersebut.

“Kita ingin lokal brand punya masa lebih besar, tapi harus punya produk yang lebih banyak. Supaya mereka terangkat bisa menopang ekonomi keluarga. Dan bisa lebih dari itu,” kata Budi.

Dalam kesempatan itu turut diluncurkan sebuah program edutainment tentang brand lokal Indonesia bertajuk Brand Adventure. Program ini digagas melalui kreatifitas dan pemikiran yang berakar pada semangat persatuan yang pernah diikrarkan melalui Soempah Pemoeda 28 Oktober 1928.

Brand Adventure juga merupakan sebuah bentuk dedikasi anak bangsa untuk turut ambil peran dalam membangun Indonesia lebih baik. Brand lokal Indonesia dijadikan sebagai unsur penting yang tercermin pada konten-konten yang diulas dalam Brand Adventure.

Didukung oleh BTN dan Tokopedia, Brand Adventure dikemas dalam suguhan menarik, fun, energik namun tetap inspiratif. Program ini akan hadir sebanyak 17 episode dalam durasi 5-7 menit dan mulai ditayangkan pada 5 November 2017, setiap hari Rabu pukul 21.00 Wib.

Budi Satria mengungkapkan bahwa Brand Adventure dapat mendorong perkembangan merek dalam negeri sehingga mampu berkompetisi sehat dan bersanding dengan maraknya brand asing yang merajai pasar.

“Hal ini sejalan dengan semangat pengembangan produk dalam negeri yang juga searah dengan komitmen BTN,” tukas dia.

Harapan yang sama dikemukakan William Tanuwijaya, yang menyatakan apresiasinya atas hadirnya program Brand Adventure. Di mana diharapkan program tersebut dapat mengangkat dan memberikan panggung yang lebih besar untuk brand-brand lokal.

Misi utama Tokopedia untuk mendorong pemerataan ekonomi secara digital dan memberikan kesempatan merata bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk berhasil dan mencapai tingkatan yang lebih tinggi melalui platform Tokopedia.

Arto Soebiantoro yang berperan sebagai penggagas ide Brand Adventure menambahkan program ini akan mengupas lebih dalam bagaimana brand itu bekerja agar mampu tumbuh dan berkembang hingga akhirnya bertahan dalam panggung brand dunia. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.